Desain Antarmuka Penyesuaian Itenerari untuk Meningkatkan Fleksibilitas Perjalanan Wisata dengan Metode Prototyping

Ringgas, Michael Gary (2024) Desain Antarmuka Penyesuaian Itenerari untuk Meningkatkan Fleksibilitas Perjalanan Wisata dengan Metode Prototyping. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211740000145-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
05211740000145-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 July 2026.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Jumlah objek wisata tentunya sangat banyak, khususnya di Indonesia. Dari sekian banyak pilihan yang dapat dipilih, seorang wisatawan harus memilih tujuan objek wisata yang menurutnya terbaik berdasarkan preferensi wisatawan tersebut. Permasalahan yang menjadi fokus dari penelitian tugas akhir ini adalah di saat wisatawan telah membentuk rencana perjalanan namun saat dilaksanakannya, terdapat variabel tak terkendali seperti cuaca, kondisi kesehatan, atau perubahan mendadak dalam preferensi pengguna, yang menyebabkan halangan untuk mengunjungi objek wisata yang direncanakan. Pada penelitian ini, akan dicari tahu kebutuhan wisatawan dalam melakukan pencarian informasi mengenai objek wisata yang ingin dikunjungi untuk menentukan manakan objek wisata yang paling sesuai dengan pertimbangan pribadinya, seperti budget, aksesibilitas, alasan wisata, dan pertimbangan lainnya. Tujuan dari penelitian tugas akhir ini adalah untuk mencari tahu kebutuhan wisatawan dalam bagaimana cara mempertimbangkan dari kumpulan objek wisata alternatif yang ingin dikunjungi, lalu menggagas kebutuhan tersebut dalam bentuk purwarupa paper prototype dan interactive digital prototype. Penelitian ini dilakukan dengan metode prototyping untuk mencapai tujuan tersebut. Prototyping merupakan cara mengubah ide-ide yang intangible atau tidak terukur menjadi sesuatu yang tangible atau terukur menjadi bentuk digital. Prototype atau purwarupa yang dibuat bisa dalam berbagai macam tingkat fidelity, untuk menangkap konsep desain dan mengujikannya kepada partisipan atau calon pengguna. Alasan penggunaan metode prototyping ini agar sebelum dikembangkannya aplikasi nyata, sudah dapat digambarkan kebutuhan pengguna dalam prototype yang dibentuk. Model yang dirancang pada tahap ini nantinya diuji dan diperbaiki secara iteratif kesesuaiannya dengan yang diinginkan wisatawan dari tanggapan yang diberikan. Hasil yang didapat dari penelitian ini berupa rancangan paper prototype (low-fidelity prototype) yang dibuat dengan bantuan tool Figma. Pada rancangan tersebut user dapat melakukan komparasi secara bersampingan, dengan berdasarkan kriteria dan karakteristik yang diinginkan guna membantu user menentukan mana yang lebih tepat baginya. Dampak yang diharapkan adalah user bisa memanfaatkan hasil rancangan ini untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan dari objek wisata yang diminati
=====================================================================================================================================
The number of tourist attractions is certainly very large, especially in Indonesia. Of the many options that can be chosen, a tourist must choose the tourist destination that they think is best-suited based on their own preferences. The main focus of this final project research is when tourists have already formed a travel itinerary but when it is executed, there are uncontrollable variables such as the weather, health conditions, or sudden changes in user preferences, which may prevent them from visiting the planned tourist attraction. In this research, we will find out the needs of tourists in looking for information about the alternative tourist attractions they want to visit to determine which tourist attraction is most appropriate to their personal preferences, such as budget, accessibility, reasons for visiting, and other considerations. The aim of this final research assignment is to find out the needs of tourists in terms of how to consider a collection of alternative tourist attractions they want to visit, then to repreesnt these needs in the form of paper prototypes and interactive digital prototypes. This research was carried out using the prototyping method to achieve this goal. Prototyping is a way of changing intangible or unmeasurable ideas into something tangible or measurable in digital form. The prototypes or prototypes created can be at various levels of fidelity, to capture the design concept and then later test it on participants or potential users. The reason for using this prototyping method is so that before a real application is developed, user needs can already be described in the prototype that is formed. The model designed at this stage will be tested and improved iteratively to suit what tourists want from the responses given. The results obtained from this research are in the form of a paper prototype design (low-fidelity prototype) which was created with the help of the Figma tool. In this design, the user can make side-by-side comparisons, based on the desired criteria and characteristics to help the user determine which one is more appropriate for him. The expected impact is that users can utilize the results of this design to get the information they need from the tourist objects of interest

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pariwisata, Rencana Perjalanan; Prototyping, HCI Research, Tourism, Travel Itinerary
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T59.7 Human-machine systems.
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Michael Gary Ringgas
Date Deposited: 16 Feb 2024 06:40
Last Modified: 16 Feb 2024 06:40
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/107230

Actions (login required)

View Item View Item