Evaluasi CFD Performa Azimuth Propeller Dengan Berbagai Variasi Sudut Dihedral Dan Panjang Nozzle

Pratama, Revyn Budi (2024) Evaluasi CFD Performa Azimuth Propeller Dengan Berbagai Variasi Sudut Dihedral Dan Panjang Nozzle. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5019211171-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5019211171-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2026.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Azzimuth Propeller adalah salah satu jenis propeller yang bertujuan untuk memaksimalkan gaya dorong atau thrust. Azzimuth Propeller adalah jenis propeller yang memiliki karakteristik yang berbeda dari jenis-jenis propeller lainnya, yakni terdapat selebung atau nozzle yang mengelilingi daun-daun propeller. Dalam menentukan performa yang optimal pada azimuth propeller membutuhkan sebuah parameter desain, dari parameter disain tersebut terdapat sudut dihederal (α) dan panjang nozzle. Dari kedua parameter tersebut akan dikonfigurasikan guna mendapatkan performa thrust, torsi, dan effisiensi yang optimal dari sebuah nozzle. Penelitian ini diawali dengan menentukan besaran sudut dihederal (α) dan panjang nozzle yaitu α; 10o , 12.5o , dan 15o kemudian untuk panjang nozzle dituntukan dari rasio panjang nozzle dan diameter propeller (ld/dp) yaitu ld/dp; 0.4, 0.6, dan 0,8. Dengan menggunakan parameter tersebut, penelitian ini mendapatkan 9 variasi model nozzle yang dikombinasikan dengan propeller Ka-3. Dengan menggunakan metode Computational Fluid Dynamic (CFD) dapat disimpulkan bahwa nilai thrust yang terbesar diantara 9 model adalah konfigurasi α: 15o dan ld/dp; 0.8 sebesar 279838N dan nilai torsi terbesar terdapat pada konfigurasi α: 15o dan ld/dp; 0.6 sebesar 190900 N.m. Untuk mendapatkan mendapatkan konfigurasi yang optimum diapatkan dari variasi model dengan nilai effisiensi tertinggi dan variasi model tersebut adalah konfigurasi α: 15o dan ld/dp; 0.8 dengan nilai effisiensi sebesar 0.624.
=================================================================================================================================
Azimuth Propeller is one type of propeller designed to maximize thrust. Azimuth Propeller has distinct characteristics compared to other types of propellers, namely the presence of a nozzle surrounding the propeller blades. Determining the optimal performance of an azimuth propeller requires a design parameter, namely the dihedral angle (α) and the length of the nozzle. These parameters are configured to achieve optimal thrust, torque, and efficiency of a nozzle. This study begins by determining the magnitude of the dihedral angle (α) and the length of the nozzle, namely α; 10o, 12.5o, and 15o, and the length of the nozzle is determined by the ratio of the length of the nozzle to the propeller diameter (ld/dp), namely ld/dp; 0.4, 0.6, and 0.8. Using these parameters, the study obtained 9 variations of nozzle models combined with the Ka-3 propeller. Using Computational Fluid Dynamic (CFD) method, it is concluded that the largest thrust value among the 9 models is the configuration of α: 15o and ld/dp; 0.8 amounting to 279838N, and the largest torque value is found in the configuration of α: 10o and ld/dp; 0.4 amounting to 137130 N.m. The optimum configuration is obtained from the model variations with the highest efficiency value, which is the configuration of α: 15o and ld/dp; 0.8 with an efficiency value of 0.624.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Nozzle, thrust, torque, efficiency, CFD
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM753 Propellers
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Revyn Budi Pratama
Date Deposited: 17 Feb 2024 15:32
Last Modified: 17 Feb 2024 15:32
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/107267

Actions (login required)

View Item View Item