Perancangan Permainan Kartu Pendidikan Pemilahan Sampah Kepada Anak Berudia 6 Sampai 12 Tahun

Arifin, Bagas Baskara (2024) Perancangan Permainan Kartu Pendidikan Pemilahan Sampah Kepada Anak Berudia 6 Sampai 12 Tahun. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08511840000050_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
08511840000050_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2026.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia dan memiliki 273 Ribu penduduk. Namun, jumlah penduduk yang banyak juga menghasilkan banyak dampak buruk, salah satunya adalah jumlah sampah yang tidak diolah. Sampah yang tidak diolah ini dapat mengakibatkan banyak kerugian bagi masyarakat seperti penyebab banjir, perusak pemandangan, hingga mendatangkan penyakit. sebenarnya solusi dari masalah ini sudah ada yakni memilah sampah sesuai dengan kategori sampah tersebut. Tetapi baru sedikit keluarga yang melakukan pemilahan sampah mereka. Pemberian materi terhadap kurangnya pemilahan sampah sudah dilakukan oleh BSIP (Bank Sampah Induk Patriot) Kota Bekasi dengan cara bekerja sama dengan banyak Sekolah Dasar untuk membangun Bank Sampah mereka sendiri dan memberikan materi kepada murid-murid. Akan tetapi media yang digunakan masih kurang efektif dan tidak kurang menunjukan dampak negatif dari sampah yang terpilah.
Metode penelitian dari perancangan ini terbagi menjadi dua, yaitu tahap pertama yang terdiri dari studi literatur, wawancara dengan stakeholder dan ahli, dan pembentukan prototype permainan. Kemudian tahap kedua yang terdiri dari playtesting dengan target dan melakukan perubahan sesuai dengan hasil playtesting yang akhirnya dirancang menjadi permainan final. Tujuan dari perancangan ini adalah untuk merancang sebuah media pembelajaran untuk anak berusia 6 sampai 12 Tahun yang bersifat menyenangkan dan efektif dalam menyampaikan pesan pentingnya pemilahan sampah. Konsep gagasan yang ditawarkan adalah permainan kartu berbasis kerja sama yang mengajarkan anak kategori sampah yang benar sekaligus memberi tahu konsekuensi dari sampah yang tidak terpilah.
=============================================================================================================================
Indonesia is the biggest archipelago state in the world with the population of two hundred and seventy three thousand lifes. However, the big population also has its flaws and one of witch is the amount of unprocessed waste. Waste that is not processed will bring up many consequences such as flooding, enviromental damage, even becomes the source of illness. The solution to this problem is to do a waste selection according to the waste type. But sadly, only a few of Indonesians does this. Educating the public is already done but the Patriot Waste Bank in Bekasi in cooperation with many of public elementary school in Bekasi. Unfortunately, the media that they used still not effective in giving the children a lesson and still not showing the harsh consequences of unsorted waste. The research methods in this thesis is split by two. The first one is conducted a literature study, doing an interview wth the stakehoolder dan many experts, and making a prototype. Then after that a play testing group will be held with the target audience. Based on the input by the target audience, a final product will be designed. The objective of this research is to make an educational media for children ages six to twelve that is fun and effective in giving information about how important waste selection really is. The concept of the card game is a teamwork-based game that educate the player how to correctly soret their waste and showing the consequences of unsorted waste.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Memilah Sampah, Permainan Kartu, BSIP, Anak 6 sampai 12 Tahun, Waste Selection, Card Game, Patiot Waste Bank, Children Age six to twelve
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
N Fine Arts > NE Print media
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Visual Communication Design > 90241-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Bagas Baskara Arifin
Date Deposited: 17 Feb 2024 21:02
Last Modified: 17 Feb 2024 21:02
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/107295

Actions (login required)

View Item View Item