Analisis Hubungan Perilaku Berkendara Terhadap Kecelakaan Lalu Lintas Pengendara Sepeda Motor Usia Muda di Kabupaten Jember

Baharini, Intan Novelia (2024) Analisis Hubungan Perilaku Berkendara Terhadap Kecelakaan Lalu Lintas Pengendara Sepeda Motor Usia Muda di Kabupaten Jember. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6012221110-Master_Thesis.pdf] Text
6012221110-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2026.

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Kecelakaan lalu lintas merupakan suatu kejadian yang tidak terduga dan tidak diharapkan terjadi di jalan raya yang mengakibatkan kerusakan dan menimbulkan korban. Kecelakaan lalu lintas terjadi karena beberapa faktor penyebab, di antaranya perilaku pengendara, kondisi jalan, kesalahan teknis pada kendaraan, dan kondisi lingkungan. Berdasarkan beberapa penelitian, sepeda motor merupakan kendaraan yang paling sering terlibat pada kecelakaan lalu lintas. Jember menjadi salah satu kabupaten di Jawa Timur dengan jumlah kecelakaan sepeda motor yang tinggi. Berdasarkan data tahun 2017 – 2019, kecelakaan lalu lintas sepeda motor di Jember mencapai 3.543 kasus. Mayoritas pengendara sepeda motor yang mengalami kecelakaan di Jember merupakan pengendara dengan usia muda. Pengendara usia muda dianggap belum memiliki sikap berkendara yang benar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan perilaku berkendara terhadap kecelakaan di Kabupaten Jember pada pengendara motor usia muda dengan menggunakan 2 metode analisis, yaitu structural equation modeling (SEM) dan regresi logistik biner. Data primer yang digunakan adalah data hasil survei dengan kriteria responden yaitu pengendara sepeda motor sebagai pengemudi berusia maksimal 24 tahun dan berdomisili di Kabupaten Jember. Serta terdapat data pendukung berupa data kecelakaan yang terjadi di Kabupaten Jember pada tahun 2018-2022. Dengan menggunakan kedua metode ini, didapatkan hasil variabel perilaku berkendara yang berpengaruh secara signifikan terhadap kecelakaan lalu lintas adalah traffic violations dan stunts. Variabel traffic errors memiliki pengaruh sebesar 0,840 menggunakan metode SEM dan memiliki probabilitas 88,68% menggunakan metode regresi logistik biner. Sedangkan variabel stunts memiliki pengaruh sebesar 0,267 menggunakan metode SEM dan memiliki probabilitas 45,34% menggunakan metode regresi logistik biner. Berdasarkan karakteristik pengendara, pengendara dengan jenis kelamin laki-laki memiliki probabilitas mengalami kecelakaan sebesar 53,59% dan 2,732 kali lebih mungkin mengalami kecelakaan dibandingkan jenis kelamin perempuan. Sementara berdasarkan kepemilikan SIM, pengendara yang tidak memiliki SIM memiliki probabilitas mengalami kecelakaan sebesar 57,15% dan 3,157 kali lebih mungkin mengalami kecelakaan dibandingkan dengan pengendara yang memiliki SIM C dan SIM A.
=================================================================================================================================
Traffic accidents are unexpected and undesirable incidents that occur on the highway, resulting in damage and casualties. Traffic accidents occur due to several contributing factors, including driver behavior, road conditions, technical errors in vehicles, and environmental conditions. Based on several studies, motorcycles are the vehicles most frequently involved in traffic accidents. Jember is one of the districts in East Java with a high number of motorcycle accidents. Based on data from 2017 to 2019, motorcycle traffic accidents in Jember reached 3,543 cases. The majority of motorcycle riders involved in accidents in Jember are young riders. Young riders are considered to lack proper driving attitudes. This study was conducted to determine the relationship between driving behavior and accidents in Jember District among young motorcycle riders using two analysis methods, namely structural equation modeling (SEM) and binary logistic regression. The primary data used were survey results with respondents consisting of motorcycle riders aged up to 24 years old residing in Jember District. There is also supporting data in the form of accident data that occurred in Jember District from 2018 to 2022. Using both methods, the results showed that driving behavior variables significantly influencing traffic accidents are traffic violations and stunts. The traffic violations variable has an influence of 0.840 using the SEM method and has a probability of 88.68% using the binary logistic regression method. Meanwhile, the stunts variable has an influence of 0.267 using the SEM method and has a probability of 45.34% using the binary logistic regression method. Based on rider characteristics, male riders have a probability of experiencing accidents of 53.59% and are 2.732 times more likely to experience accidents compared to female riders. Meanwhile, based on driving license ownership, riders without a driving license have a probability of experiencing accidents of 57.15% and are 3.157 times more likely to experience accidents compared to riders with SIM C and SIM A.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kecelakaan Lalu Lintas, Perilaku Berkendara, Pengendara Motor Usia Muda, MRBQ, Traffic Accident, Driving behaviour, Young Motorcyclists
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE5614.3.N5 Traffic accidents
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Intan Novelia Baharini
Date Deposited: 17 Feb 2024 17:56
Last Modified: 17 Feb 2024 17:56
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/107312

Actions (login required)

View Item View Item