Analisa Perhitungan Waktu dan Biaya Pembangunan Hotel MaxOne Jakarta Dengan Metode Half Slab

Roy Nur, Kholik (2024) Analisa Perhitungan Waktu dan Biaya Pembangunan Hotel MaxOne Jakarta Dengan Metode Half Slab. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10111710013047-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
10111710013047-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2026.

Download (25MB) | Request a copy

Abstract

Abstrak— Penyusunan proyek akhir dengan judul Analisa Perhitungan Waktu dan Biaya Pelaksanaan Pembangunan Hotel MaxOne Jakarta dengan Metode Half slab yang terletak di Jl Hayam Wuruk No.05, Kelurahan Gambir, Kecamatan Hayam Wuruk, Kota Jakarta Pusat. Proyek ini dibangun oleh PT. MDC yang terdiri 1 Lantai Basmen, dan 8 Lantai Utama dan 1 Lantai Atap.

Untuk proyek akhir ini yang ditinjau adalah bangunan utama Pembangunan Hotel MaxOne mulai lantai 1 sampai dengan lantai atap dengan memodifikasi bagian pelat yang sebelumnya menggunakan pelat konvensional menjadi half slab precast. Pekerjaan yang ditinjau hanya struktur atas. Struktur atas meliputi kolom, balok, tangga, dan Plat Overtopping yang menggunakan pengecoran in-situ terkecuali pelat yang menggunakan half slap. Dalam perhitungan waktu yang ditentukan dengan mengitung volume pekerjaan, produktivitas, durasi, dan kebutuhan sumber daya pada tiap- tiap item pekerjaan.

Perhitungan tersebut disesuaikan dengan metode pelaksanaan yang sesuai dan referensi dari literatur yang terkait. Sedangkan dalam perhitungan biaya meliputi harga material, upah pekerja, dan dan harga sewa alat berat yang dihitung menggunakan harga lapangan dan referensi di Jawa Barat. Sehingga diharapkan dengan penggunaan metode yang tepat akan menghasilkan perencanaan waktu dan biaya yang efektif dan efisien dalam pembangunan Hotel MaxOne Jakarta. Hasil akhir dari Proyek akhir ini diperoleh perhitungan waktu dan biaya pelaksaan, serta kurva S pada proyek pembangunan Hotel MaxOne Jakarta.
Dari hasil analisa, didapatkan durasi pekerjaan selama 171 hari dan biaya pelaksanaan sebesar Rp 10.967.214.595.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci—Perencanaan Waktu dan Biaya, Rencana Anggaran Pelaksanaan,MS Project, Kurva S.
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T56.8 Project Management
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA683 Precast concrete construction. Prestressed concrete construction.
T Technology > TX Home economics > TX911.2 Hotels--Design and construction.
Divisions: Faculty of Vocational > Civil Infrastructure Engineering (D4)
Depositing User: Roy nur kholik
Date Deposited: 15 Feb 2024 08:31
Last Modified: 15 Feb 2024 08:31
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/107330

Actions (login required)

View Item View Item