Manalu, Rizya Rafael Rubenstein (2024) Perencanaan Rute Dan Fasilitas Bus Kampus Dan Pejalan Kaki Berdasarkan Master Plan ITS 2020 - 2045. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
03111940000154-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 April 2026. Download (14MB) | Request a copy |
Abstract
Sejak didirikannya ITS jumlah mahasiswa yang diterima pertahun telah bertambah, Oleh karena itu jumlah pengguna kendaraan pribadi juga bertambah. Pada Tahun 2018, jumlah perhitungan lalu lintas yang masuk ke ITS pada jam tersibuk sebesar 1100 mobil dan 4500 sepedamotor dan kapasitas parkir di ITS adalah 3900 mobil dan 19400 sepeda motor. Telah diasumsikan bahwa jumlah tarikan pada tahun 2045 adalah 4100 mobil dan 16200 sepeda motor pada jam puncak. Dikarenakan ruang parkir yang terbatas, telah direncanakan master plan ITS. Salah satu solusi yang direncanakan adalah pembuatan parkir terpusat di tiga titik yaitu di tempat parkir Graha ITS, Asrama ITS dan gedung Robotika ITS. Pada Tugas Akhir ini akan melakukan Perencanaan Rute Bus Dan Rute Pejalan Kaki Berdasarkan Master Plan ITS 2045. Analisis pergerakan bus dan rute pedestrian akan menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer yang akan didapatakan dari perhitungan waktu perjalanan dari lokasi pemberhentian setiap bus ke tempat tujuan dan data sekunder didapatkan dari hasil Tugas Akhir terdahulu, Master Plan ITS 2020 – 2045 dan literasi yang akan membantu Tugas Akhir ini.
Perencanaan rute bus dan rute pedestrian meliputi penentuan pergerakan yang terjadi, penentuan letak pemberhentian, penentuan area layanan pada setiap pemberhentian, analisis pergerakan dengan perbandingan skenario, perhitungan jumlah armada bus yang dibutuhkan dan analisis fasilitas pedestrian. Pergerakan yang terjadi menggunakan data pergerakan dari Tugas Akhir terdahulu untuk menentukan letak pemberhentian bus yang mengikuti Pedoman Teknis Perekayasaan Tempat Perhentian Kendaraan Penumpang Umum. Analisis pergerakan yang mungkin terjadi dibandingkan dengan skenario yang mungkin terjadi dimana pengguna lebih memilih menggunakan bus jika waktu perjalanan bus lebih cepat dibandingkan dengan jalan kaki.
Dari hasil analisa dan perhitungan pergerakan terbesar yang terjadi dari Parkir Graha adalah 1754 orang, dari parkir Robotika adalah 2915 orang dan dari parkir asrama 4471 orang. Jumlah armada yang dibutuhkan untuk melayani pergerakan yang terjadi adalah 3 bus untuk rute A, 3 bus untuk Rute B dan 3 bus untuk Rute C. Lebar terbesar fasilitas pedestrian yang dibutuhkan didapatkan 3.2 m.
===================================================================================================================================
Since the establishment of ITS the total of students that get accepted yearly is increased, which leads to the increase of private vehicle use. In 2018, the total of traffic at it peak is 1100 cars and 4500 motorcycles and it’s assumed that in 2045 the number could grow to 3900 cars and 19400 at ITS peak. Because of the limited parking space, it has been made a solution to this problem and it’s the Master Plan ITS. One of the solution that mentioned in the master plan is the creation of new parking spots at three points around ITS and it is near Graha ITS, ITS Dormitory and Robotics ITS building. And the purpose of this final project is Bus Route And Pedestrian Route Planning According To ITS Master Plan 2045. Bus and pedestrian route planning will use primary and secondary data. Primary data will be obtained from the duration to travel from bus stops to the destination and secondary data will be obtained from the earliest research, master plan ITS 2020 – 2045 and other literacy.
Planning of bus and pedestrian route include determining the current movement that happen, location of bus stops, area of service of bus stops, analyzing of movement by comparing scenario, the amount of bus that’s needed and evaluating pedestrian route. To determain the current movement will use the data of the latest final project to determain the location of the bus stop that follows Technical Guidelines for Public Passenger Vehicle Stop Area Engineering. Analysis of the possible movement that accure will compare it with a scenario which the user would prefer using bus instead walking depends on travel time.
From the result of the analysis, the vehicle movement at the busiest hour at Graha Parking is 1754 people, from Robotika Parking is 2915 people and from Asrama Parking is 4471 people. The amount of bus that’s needed to satisfy the movemont that occure is 3 buses for route A, 3 buses for route B and 3 buses for route C. The widest width that’s needed for pedestrian pathway Is 3.2 m.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pergerakan Skenario, Perencanaan Rute Bus, Perencanaan Rute Pedestrian |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE311.I4 Urban transportation H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE355 Traffic engineering |
Divisions: | Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Rizya Rafael Rubenstein Manalu |
Date Deposited: | 15 Feb 2024 05:34 |
Last Modified: | 15 Feb 2024 05:34 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/107372 |
Actions (login required)
View Item |