Rancang Bangun Konfigurasi Alat Deteksi Karang Bawah Laut Dengan Sensor LiDAR Untuk Menghindari Kapal Kandas

Alesandro, Tedy (2024) Rancang Bangun Konfigurasi Alat Deteksi Karang Bawah Laut Dengan Sensor LiDAR Untuk Menghindari Kapal Kandas. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04111940000056_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
04111940000056_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2026.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kandasnya kapal di terumbu karang seringkali mengakibatkan kerusakan biologis dan fisik lokal yang parah. Batuan karang dapat hancur dan topografinya berubah.Salah satu penyebab kandasnya kapal pada terumbu karang adalah kesalahan navigasi. Sistem deteksi karang bawah laut menggunakan LiDAR (Light Detection and Ranging) dapat menjadi salah satu alternatif menghindari kapal kandas pada terumbu karang. LiDAR merupakan penginderaan jauh aktif yang dikembangkan pada awal 1960-an setelah ditemukan teknologi laser dan digunakan untuk mengukur jarak. LiDAR adalah sebuah teknologi sensor jarak jauh menggunakan laser cahaya kontinyu yang dipancarkan secara menyebar dari sebuah transmitter (pemancar) untuk menemukan jarak suatu objek. Sistem LiDAR menggunakan pulsa cahaya sebagai sumbernya membuat sistem ini memiliki akurasi lebih tinggi dibandingkan metode akustik pada perairan dangkal. Pada penelitian ini dibuat system deteksi karang bawah laut menggunakan sensor LiDAR. Sistem ini memperhitungkan factor pembiasan cahaya pada medium air untuk menjaga akurasinya. Sistem ini menggunakan konsep bloking area untuk menetukan jarak kritis kapal. Jarak kritis kapal digunakan untuk mengatur sudut sensor terhadap permukaan air. Pada sistem ini status kapal dibagi menjadi 3 yaitu aman, awas, dan bahaya. Dari hasil pengujian sistem ini memiliki akurasi tertinggi mencapai 95.90% yang didapat pada pengujia statis I, dan akurasi terendah mencapai 90.67% yang didapat pada pengujian statis III. Pada pengujian dinamis system ini dapat membaca kedalaman hingga 107.31 cm pada pengujian dinamis kolam permukaan rata.
=================================================================================================================================
Ships running aground on coral reefs often result in severe local biological and physical damage. Coral rocks can be destroyed and the topography changes. One of the causes of ships running aground on coral reefs is navigation errors. An underwater coral detection system using LiDAR (Light Detection and Ranging) can be an alternative to avoid ships running aground on coral reefs. LiDAR is active remote sensing that was developed in the early 1960s after laser technology was discovered and used to measure distances. LiDAR is a long-range sensor technology using continuous laser light emitted diffusely from a transmitter to find the distance of an object. The LiDAR system uses light pulses as its source, making this system have higher accuracy than acoustic methods in shallow water. In this research, an underwater coral detection system was created using a LiDAR sensor. This system takes into account the refraction factor of light in the water medium to maintain accuracy. This system uses the concept of blocking area to determine the critical distance of the ship. The critical distance of the ship is used to set the angle of the sensor to the water surface. In this system, the ship's status is divided into 3, namely safe, alert and dangerous. From the test results, this system has the highest accuracy, reaching 95.90%, which was obtained in static testing I, and the lowest accuracy was 90.67%, which was obtained in static testing III. In dynamic testing, this system can read depths up to 107.31 cm in dynamic testing of flat surface pools.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: kapal kandas, terumbu karang, ship aground, coral reef, LiDAR
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Alesandro Tedy
Date Deposited: 19 Feb 2024 07:50
Last Modified: 19 Feb 2024 07:50
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/107385

Actions (login required)

View Item View Item