Optimasi Rute Pengangkutan Sampah di Kabupaten Mojokerto: Perbandingan Algoritma dalam Penentuan Rute Kendaraan dengan Pembagian Muatan dan Batasan Kapasitas

Sholichah, Imroatu (2023) Optimasi Rute Pengangkutan Sampah di Kabupaten Mojokerto: Perbandingan Algoritma dalam Penentuan Rute Kendaraan dengan Pembagian Muatan dan Batasan Kapasitas. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211640000105-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
05211640000105-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2026.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kabupaten Mojokerto, dengan kepadatan penduduk yang tinggi, menghadapi tantangan serius dalam pengelolaan sampah. Pertumbuhan jumlah penduduk dan industri yang pesat telah mengakibatkan peningkatan signifikan dalam volume sampah yang dihasilkan setiap harinya. Industri besar dan para pekerjanya juga turut menyumbangkan sejumlah besar sampah. Meskipun masalah sampah bukan hal baru di Kabupaten Mojokerto, penanganannya tetap kompleks dan memerlukan perhatian khusus. Proses pengangkutan dan pengumpulan sampah yang terorganisir dengan baik menjadi salah satu aspek kunci dalam operasional pengelolaan sampah.
Saat ini, Kabupaten Mojokerto memiliki 1 Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) dan 113 Tempat Penampungan Sementara (TPS), dengan jumlah yang diperkirakan akan terus bertambah di masa depan. Namun, belum ada perencanaan yang jelas dan terstruktur untuk sistem pengangkutan sampah ini. Oleh karena itu, perlu dikembangkan suatu perencanaan yang memungkinkan optimasi pada jumlah rute kendaraan dan pembagian jadwal pengangkutan yang optimal dalam hal jarak dan waktu. Hal ini bertujuan untuk meminimalkan biaya operasional.
Melalui pemodelan optimasi ini, kendaraan pengangkut sampah dapat menemukan rute terpendek untuk mencapai seluruh Tempat Penampungan Sementara (TPS) dan memastikan panjang rute yang dilalui oleh setiap kendaraan pengangkut sampah merata. Penelitian ini membandingkan performa dari beberapa kombinasi strategi penentuan solusi awal dan algoritma optimasi pencarian lokal dan meta-heuristik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemilihan algoritma dan strategi penentuan solusi awal memiliki dampak signifikan terhadap efisiensi rute pengangkutan, dan memberikan analisis keefektifan masing-masing metode dalam optimasi pengangkutan sampah. Setelah dilakukan uji coba pada kombinasi dari 13 strategi solusi awal dan 5 algoritma optimasi didapatkan hasil bahwa penggunaan algoritma Generic Tabu Search pada Local Cheapest Arc menghasilkan nilai rata-rata fungsi tujuan terkecil dibandingkan dengan algoritma lain yaitu sebesar 4176234,809, lebih baik dibandingkan dengan algoritma Guided Local Search (4187622,774), Greedy Descent (4203444,203), Simulated Annealing (4191425,244), dan Tabu Search (4184611,125). Optimasi menggunakan algoritma Generic Tabu Search berhasil menurunkan total jarak tempuh rute sebesar 10,44% pada data pengangkutan sampah selama satu bulan dari 4653,43 kilometer menjadi 4167,28 kilometer.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengangkutan Sampah, Optimasi Transportasi, Rute Kendaraan, Algoritma Meta-heuristik, Waste Collection, Transportation Optimization, Vehicle Routing, Metaheuristic Algorithms
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE336.R68 Route choice
T Technology > T Technology (General) > T57.84 Heuristic algorithms.
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Imroatu Sholichah
Date Deposited: 16 Feb 2024 07:32
Last Modified: 16 Feb 2024 07:32
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/107514

Actions (login required)

View Item View Item