Analisis Gap Pelabuhan Kota Kendari : Faktor Yang Mempengaruhi Rekomendasi Terhadap Rencana Induk Pelabuhan Kendari

Fadel, Muhammad (2024) Analisis Gap Pelabuhan Kota Kendari : Faktor Yang Mempengaruhi Rekomendasi Terhadap Rencana Induk Pelabuhan Kendari. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6021211006-Master_Thesis.pdf] Text
6021211006-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2026.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tesis ini menyelidiki ketidaksesuaian antara throughput peti kemas yang diharapkan dan yang sebenarnya di Kendari New Port, dengan fokus pada faktor-faktor seperti produktivitas, infrastruktur, PDB regional, dan lokasi geografis. Dengan menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif, studi ini menyoroti bahwa produktivitas operasional dan PDB regional Sulawesi Tenggara sangat penting dalam mempengaruhi ketidaksesuaian ini. Kinerja pelabuhan yang kurang baik dan variasi ekonomi, terutama selama krisis seperti COVID-19, telah ditunjukkan sebagai alasan utama perbedaan throughput. Meskipun infrastruktur dan lokasi tidak terlalu berdampak, namun keduanya memiliki potensi untuk efisiensi dan keuntungan strategis di masa depan. Penelitian ini menyarankan revisi strategis terhadap rencana induk pelabuhan untuk meningkatkan produktivitas melalui analisis proses dan pelatihan staf, meningkatkan infrastruktur untuk pergerakan kargo yang lebih baik, dan menyelaraskan pengembangan pelabuhan dengan inisiatif ekonomi regional. Memanfaatkan posisi strategis pelabuhan dalam upaya pemasaran juga direkomendasikan. Temuan-temuan ini menganjurkan pendekatan kolaboratif untuk memperbarui rencana induk, dengan memasukkan data riil dan tren pasar, yang melibatkan para pemangku kepentingan dari berbagai sektor. Rekomendasi ini bertujuan untuk mendorong pertumbuhan Pelabuhan Kendari dan memandu keputusan investasi, memastikan keselarasannya dengan pembangunan daerah dan tujuan ekonomi.
==================================================================================================================================
This thesis delves into the mismatch between expected and actual container throughput at Kendari New Port, focusing on factors like productivity, infrastructure, regional GDP, and geographic location. Employing both quantitative and qualitative methods, the study highlights that operational productivity and Southeast Sulawesi's regional GDP are crucial in influencing this discrepancy. The port's underperformance and economic variations, especially during crises like COVID-19, have been pinpointed as primary reasons for throughput variance. While infrastructure and location were less impactful, they present potential for future efficiency and strategic advantage. The research suggests strategic revisions to the port's master plan to boost productivity through process analysis and staff training, enhance infrastructure for better cargo movement, and align port development with regional economic initiatives. Utilizing the port's strategic position in marketing endeavors is also recommended. The findings advocate for a collaborative approach to updating the master plan, incorporating real data and market trends, involving stakeholders from various sectors. These recommendations aim to propel Kendari Port's growth and guide investment decisions, ensuring its alignment with regional development and economic goals.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Container Throughput, Kendari New Port, Productivity, Regional GDP, Infrastructure development, Port Master Plan,Bongkar Muat Peti Kemas, Pelabuhan Baru Kendari, Produktivitas, PDB Regional, Pembangunan Infrastruktur, Rencana Induk Pelabuhan
Subjects: V Naval Science > V Naval Science (General) > V220 Naval ports, bases, reservations, docks, etc.
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Transportation Engineering > -(S2) Master Thesis
Depositing User: FADEL MUHAMMAD
Date Deposited: 19 Feb 2024 17:52
Last Modified: 19 Feb 2024 17:52
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/107573

Actions (login required)

View Item View Item