Analisa Efisiensi Gas Turbin Generator Pada Floating Production Unit Berdasarkan Tinggi Gelombang Dan Kecepatan Angin

Putra, Alan Budi Pratama (2024) Analisa Efisiensi Gas Turbin Generator Pada Floating Production Unit Berdasarkan Tinggi Gelombang Dan Kecepatan Angin. Masters thesis, Iinstitut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6007202016-Master_Thesis.pdf] Text
6007202016-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2026.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Gas Turbine generator adalah pembangkit tenaga listrik yang mempergunakan energi kinetik uap air untuk menggerakkan turbin. Pada Floating Production Unit ( FPU ) Trunojoyo 01 menggunakan Gas Turbine sebagai penggerak generator. Pembangkit listrik ini memiliki dua komponen utama, yaitu turbin uap dan generator listrik. Turbin uap berfungsi untuk mengubah tenaga uap menjadi tenaga gerak atau mekanis yang berupa putaran untuk memutar poros generator dan exciter. Sedangkan generator berfungsi sebagai mesin pembangkit tenaga listrik dengan mengkonversi energi mekanis menjadi listrik. Kinerja dari sistem Gas Turbine Generator ini salah satunya dipengaruhi oleh efisiensi dari generator. Tesis ini menggunakan variable kecepatan angin dan tinggi gelombang sebagai acuan untuk mendapatkan data actual lapangan yang diinginkan. Sehingga dapat diketahui besaran nilai Temperatur dan Pressure pada Compressor dan Turbine. Dalam tesis ini menggunakan metode ekperimen untuk menentukan nilai parameter yang dibutuhkan untuk mengetahui berapa besar efisiensi dari pada gas turibine generator. Akibatnya perubahan tinggi gelombang tidak bisa dijadikan acuan peningkatan efisiensi. Siklus Generator Turbin Gas karena pada tinggi gelombang 1,6 mempunyai nilai. Efisiensi Siklus sebesar 62,85%, sedangkan tinggi gelombang 2.0 memiliki nilai efisiensi sebesar 53,38%. Kecepatan angin dan tinggi gelombang mempunyai pengaruh terhadap getaran. Gas Turbine Generator, karena pada saat gelombang tinggi Floating Production Unit bergerak sehingga peralatan yang ada di Gas Turbine generator bergetar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kecepatan Angin, Tinggi Gelombang, Temperature dan Pressure
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ1058 Rotors
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ778 Gas turbines
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ990 Compressors
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Mechanical Engineering > 21101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Alan Budi Pratama Putra
Date Deposited: 21 Feb 2024 05:04
Last Modified: 21 Feb 2024 05:04
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/107632

Actions (login required)

View Item View Item