Analisis Performansi dan Keandalan Pemakaian Bahan Bakar B30 dan B35 pada Mesin Pembangkit Listrik Tenaga Diesel

Asrori, Mohtar (2024) Analisis Performansi dan Keandalan Pemakaian Bahan Bakar B30 dan B35 pada Mesin Pembangkit Listrik Tenaga Diesel. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6007202017_Master_Thesis.pdf] Text
6007202017_Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2026.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Upaya pemerintah dalam rangka penurunan gas rumah kaca diantaranya dengan penambahan kandungan biodiesel yang ada dalam bahan bakar minyak. Mesin diesel direct injection tipe single plunger pump dan common rail pada mesin pembangkit listrik digunakan dalam pengujian menggunakan BBM B0, B30 dan B35. Uji performansi dan uji ketahanan selama 360 jam operasi digunakan untuk menguji dampak peningkatan kandungan biodiesel pada bahan bakar mesin. Uji performansi pada mesin direct injection tipe single plunger pump didapatkan BSFC (Brake Specific Fuel Consumption) menggunakan B30 naik sebesar 3,6 %, dan naik sebesar 5,8 % menggunakan B35 dibandingkan dengan B0. Sedangkan Brake Thermal Efficiency (BTE) menggunakan B30 turun sebesar 2,1 % dan turun sebesar 2,3 % menggunakan B35. Emisi CO turun sebesar 17 % menggunakan B30, dan turun sebesar 29,7 % menggunakan B35. Pada uji keandalan didapatkan waktu penggantian filter BBM pada saat pemakaian B35 lebih cepat 50 jam dibandingkan dengan B30, dari total waktu penggantian filter selama 240 jam. Hasil pengujian pelumas sampai pemakaian 240 jam menunjukkan bahwa pada pemakaian bahan bakar B35 kandungan material Fe dua kali lebih banyak dibandingkan dengan B30, dibandingkan pada pemakaian selama 48 jam. Tingkat keausan lebih rendah pada komponen diameter piston sebesar 0,27 % dan ring piston kompresi sebesar 0,29 % pada B35 dibandingkan dengan B30. Sedangkan uji performansi pada mesin direct injection tipe common rail didapatkan BSFC naik sebesar 2,3 % menggunakan B30, dan naik sebesar 3,1 % menggunakan B35 dibandingkan dengan B0. Sedangkan BTE turun sebesar 3,3 % menggunakan B30 dan turun sebesar 4,9 % menggunakan B35. Emisi CO turun sebesar 11,8 % menggunakan B30, dan naik sebesar 3 % menggunakan B35. Selanjutnya, pada uji keandalan menggunakan B35 didapatkan hasil penggantian filter BBM pada rata-rata tiap 90 jam, jauh dari standar mesin pada 500 jam. Hasil pengujian pelumas sampai pemakaian 240 jam menunjukkan kandungan material Fe, Pb, Cr, dan Sn mengalami kenaikan yang signifikan berturut-turut sebesar 300 %, 100 %, 233 % dan 300 %, dibandingkan pada pemakaian 48 jam. Pada pemakaian B35 menunjukkan tingkat keausan pada komponen diameter piston sebesar 0,54 % dan ring piston kompresi sebesar 2,75 %.
=================================================================================================================================
The government's initiatives to reduce greenhouse gas emissions includes the addition of biodiesel into petroleum-based fuels. Direct injection diesel engines, specifically single plunger pump and common rail types utilized in power generators, were tested using B0, B30 and B35. Performance and durability tests are carried out over 360 hours of operation to determine the influence of increasing biodiesel content in engine fuel. Performance tests on single plunger pump direct injection engines shows that the Brake Specific Fuel Consumption (BSFC) increased by 3.6% using B30 and by 5.8% using B35 compared to B0. Meanwhile, the Brake Thermal Efficiency (BTE) decreased by 2.1% using B30 and by 2.3% using B35. CO emissions decreased by 17% using B30 and by 29.7% using B35. In durability tests, it is found that the replacement of fuel filters occurred 50 hours earlier when using B35 compared to B30. Lubricant tests reveales an excess Fe material content twice as much in B35 compared to B30. Wear rates are higher in piston diameter components by 0.27% and compression piston rings by 0.29% in B30 compared to B35. Meanwhile, performance tests on common rail type direct injection engines reveales that BSFC increased by 2.3% using B30 and by 3.1% using B35 compared to B0. Additionally, BTE decreased by 3.3% using B30 and by 4.9% using B35. CO emissions decreased by 11.8% using B30 and increased by 3% using B35. Furthermore, in durability tests using B35 fuel, it is found that the replacement of fuel filters occurred on average every 90 hours, far from the engine standard of 500 hours. Lubricant tests reveales a significant increase in Fe, Pb, Cr, and Sn material content by 300%, 100%, 233%, and 300% respectively. Wear rates are higher in piston diameter components by 0.54% and compression piston rings by 2.75% with B35.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Mesin Diesel, Uji Performansi, Uji Keandalan, Biodiesel, Common rail, Single plunger pump
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Mechanical Engineering > 21101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Mohtar Asrori
Date Deposited: 22 Feb 2024 07:44
Last Modified: 22 Feb 2024 07:44
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/107678

Actions (login required)

View Item View Item