Analisa Teknis Upaya Peningkatan Produksi Air Tawar Dari Sistem Fresh Water Generator Dengan Media Pemanas Gas Buang Mesin Diesel Di Kapal

Faizal, Achmad (2024) Analisa Teknis Upaya Peningkatan Produksi Air Tawar Dari Sistem Fresh Water Generator Dengan Media Pemanas Gas Buang Mesin Diesel Di Kapal. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5019211183_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5019211183_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2026.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kapal merupakan alat transportasi laut yang berguna untuk mengangkut penumpang atau barang, yang mengantarkan dari pelabuhan asal ke pelabuhan tujuan. Kapal yang sedang melakukan operasional berlayar, tentunya kapal sangat memerlukan kebutuhan air tawar yang berguna untuk awak kapal dan berguna sebagai alat penunjang seperti pendingin mesin induk, pendingin mesin bantu dan untuk pembersih tanki cleaning serta untuk kegiatan di dalam kapal itu sendiri dengan menggunakan pesawat bantu Fresh Water Generator. Fresh Water Generator sendiri mampu memproduksi air tawar dengan cara mengolah air laut menjadi air tawar melalui suatu proses penyulingan dan Fresh Water Generator sangat mampu untuk memproduksi penyediaan air tawar yang sangat besar. Maka dari itu penulis melakukan penelitian mengenai peningkatan produksi air tawar dari sistem Fresh Water Generator dimana proses itu memanfaatkan panas dari gas buang mesin diesel sebagai media pemanas. Pada penelitian membuktikan pengaruh gas buang terhadap kinerja sistem distilasi. Faktor yang dapat mempengaruhi gas buang adalah suhu. Pada evaporator dan kondensor, faktor yang dapat mempengaruhi produksi uap air dan produksi air hasil distilasi adalah laju aliran massa. Pada suhu 448°C dan dengan nilai laju aliran massa gas buang sebesar 33406,2 kg/h didapatkan nilai vapor fraction sebesar 1. Pada kondensor, jumlah air yang dihasilkan yaitu sebesar 2066 liter per jam. Total dari jumlah air yang dihasilkan dalam sehari yaitu 49,58 ton/hari untuk satu mesin diesel. Pada simulasi menggunakan software Aspen Hysys didapatkan bahwa semakin tinggi nilai suhu gas buang yang masuk kedalam evaporator maka nilai vapor fraction yang dihasilkan juga semakin tinggi dan pada laju aliran massa gas buang yang semakin tinggi juga akan menghasilkan nilai vapor fraction yang semakin tinggi juga.
=================================================================================================================================
The ship is a sea transportation tool that is useful for transporting passengers or goods, which delivers from the port of origin to the port of destination. Ships that are conducting sailing operations, of course, the ship really needs fresh water needs that are useful for the crew and useful as a supporting tool such as the main engine cooler, auxiliary engine cooler and for cleaning tank cleaning and for activities on the ship itself using a Fresh Water Generator. Fresh Water Generator itself is able to produce fresh water by processing seawater into fresh water through a distillation process and Fresh Water Generator is very capable of producing a very large supply of fresh water. Therefore, the authors conducted research on increasing the production of fresh water from the Fresh Water Generator system where the process utilizes heat from diesel engine exhaust gas as a heating medium. The research proved the effect of exhaust gas on the performance of the distillation system. The factor that can affect exhaust gas is temperature. In the evaporator and condenser, the factor that can affect the production of water vapor and the production of distilled water is the mass flow rate. At a temperature of 448°C and with an exhaust gas mass flow rate of 33406.2 kg/h, the vapor fraction value is 1. In the condenser, the amount of water produced is 2066 liters per hour. The total amount of water produced in a day is 49.58 tons / day for one diesel engine. In the simulation using Aspen Hysys software, it is found that the higher the temperature value of the exhaust gas entering the evaporator, the higher the vapor fraction value produced and the higher the exhaust gas mass flow rate will also produce a higher vapor fraction value.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Fresh Water Generator, Gas Buang, Kapal, Exhaust Gas, Ship
Subjects: V Naval Science > V Naval Science (General)
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Achmad Faizal
Date Deposited: 23 Feb 2024 07:42
Last Modified: 23 Feb 2024 07:42
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/107694

Actions (login required)

View Item View Item