Nabila, Ayu (2024) Pemodelan Kinerja Keuangan Perusahaan Consumer Goods Industry Tahun 2020-2022 Menggunakan Regresi Data Panel. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
2043201016-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 April 2026. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Consumer goods industry merupakan salah satu industri utama di Indonesia yang memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pembangunan ekonomi nasional. Sejak 2018, rumah tangga Indonesia telah mengalokasikan hampir 20 persen dari total pengeluaran rumah tangganya untuk produk consumer goods. Terciptanya persaingan yang ketat, perusahaan dituntut untuk secara konsisten mencapai kinerja yang optimal dalam segala aspek, salah satunya kinerja keuangan yang baik. Indikator yang digunakan untuk mengukur kinerja keuangan adalah Return on Equity (ROE). Naik turunnya indikator ROE yang bervariasi setiap tahunnya dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor yang menjadi alasan dilakukannya penelitian ini. Metode penelitian dengan menggunakan regresi data panel untuk melihat adanya faktor-faktor yang diduga berpengaruh pada beda perusahaan consumer goods industry dan periode waktu pada kinerja keuangan perusahaan di perusahaan consumer goods industry. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata ROE perusahaan consumer goods tertinggi pada Tahun 2021 dengan ROE terendah pada Tahun 2022 di perusahaan HOKI dan tertinggi Tahun 2020 di perusahaan TGKA. Model terbaik adalah menggunakan regresi data panel adalah estimasi Fixed Effect Model variasi antar individu dengan R2 sebesar 99,60% di mana variabel NPM dan TATO berpengaruh positif dan signifikan, sedangkan firm size berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan consumer goods industry tahun 2020-2022.
=================================================================================================================================
The consumer goods industry is a key sector in Indonesia that significantly contributes to the national economic development. Since 2018, Indonesian households have allocated nearly 20 percent of their total expenditures to consumer goods products. In the face of intense competition, companies are challenged to consistently achieve optimal performance in all aspects, including strong financial performance. Return on Equity (ROE) is the indicator used to measure financial performance. The fluctuation of ROE indicators, varying each year, can be influenced by various factors, providing the rationale for this research. The research methodology employs panel data regression to examine the impact of factors on the differences among consumer goods industry companies and time periods on the financial performance of companies in the consumer goods industry. The research findings indicate that the average ROE of consumer goods companies was highest in 2021, with the lowest ROE in 2022 for HOKI and the highest in 2020 for TGKA. The best model uses panel data regression with a Fixed Effect Model estimation, showing a 99.60% R2, where the variables NPM and TATO have a positive and significant impact, while firm size has a negative and significant effect on the financial performance of companies in consumer goods industry companies from 2020 to 2022.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Consumer Goods Industry, Kinerja Keuangan, Regresi Data Panel, ROE |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG4012 Mathematical models |
Divisions: | Faculty of Vocational > 49501-Business Statistics |
Depositing User: | Ayu Nabila |
Date Deposited: | 24 Feb 2024 17:50 |
Last Modified: | 24 Feb 2024 17:50 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/107702 |
Actions (login required)
View Item |