Rancang Bangun Sistem Kontrol Pada Pemilahan Sampah Basah Dan Kering Dengan Metode Gerak 2 Sumbu

Saputra, Bambang Giarto Budi (2023) Rancang Bangun Sistem Kontrol Pada Pemilahan Sampah Basah Dan Kering Dengan Metode Gerak 2 Sumbu. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10511910000068-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
10511910000068-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2026.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Sampah merupakan sisa penggunaan dari sebuah material yang tidak terpakai, dimana sampah ini biasanya akan terbuang dikarenakan tidak akan digunakan atau tidak berfungsi bagi kehidupan manusia. Dengan adanya sampah yang tidak terpakai ini, nantinya akan memiliki pengaruh terhadap sebuah kehidupan manusia dan kerusakan alam, walaupun tidak semua jenis sampah akan langsung berdampak atau berefek dengan cepat. Alat pemilah sampah yang digunakan dalam penelitian ini bersistem otomatis. Pada alat pemilah sampah yang digunakan, terdapat sensor Rain Drop yang berfungsi untuk mendeteksi sampah basah. Alat ini menggunakan metode Linear Guide Aktuator (LGA) yaitu menggunakan sebuah aktuator atau alat yang mengkonversi energi putar dari motor stepper menjadi gerakan linear (dorong atau tarik). Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan, terdapat 8 sampah yang dapat terpilah sesuai jenisnya. Dari pengujian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa untuk motor stepper yang digunakan pada percobaan ini dapat menarik belt konveyor menggunakan doubletip. Doubletip memiliki tegangan yang rendah dan ringan sehingga ketika diberikan tegangan 4.5 Volt, motor stepper langsung bergerak dengan kecepatan putaran 150/sec. Sedangkan ketika menggunakan karet ban, perputaran motor stepper tidak terjadi sama sekali. Oleh karena itu pada penelitian ini menggunakan doubletip sebagai belt konveyor karena dapat memutar motor stepper. Pada penelitian ini alat pemilah sampah memiliki akurasi sebesar 98,24%.
=================================================================================================================================
Waste is the remaining use of an unused material, where this waste will usually be wasted because it will not be used or does not function for human life. With this unused waste, it will have an influence on human life and natural damage, although not all types of waste will immediately have an impact or effect quickly. The waste sorting tool used in this research is an automatic system. In the waste sorting tool used, there is a Rain Drop sensor that functions to detect wet waste. This tool uses the Linear Guide Actuator (LGA) method, which uses an actuator or device that converts rotary energy from a stepper motor into a linear motion (push or pull). Based on the test results that have been carried out, there are 8 garbage that can be sorted according to its type. From these tests it can be concluded that the stepper motor used in this experiment can pull the conveyor belt using doubletip. Doubletip has a low voltage and is lightweight so that when given a voltage of 4.5 Volts, the stepper motor immediately moves with a rotation speed of 150 / sec. Meanwhile, when using rubber tires, the rotation of the stepper motor does not occur at all. Therefore, this research uses doubletip as a conveyor belt because it can rotate the stepper motor. In this study, the garbage sorting tool has an accuracy of 98.24%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Wet and dry garbage, Stepper motor, Microcontroller, Sampah basah dan kering, Motor Stepper, Mikrokontroler.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ213 Automatic control.
Divisions: Faculty of Vocational > Instrumentation Engineering
Depositing User: Bambang Giarto Budi Saputra
Date Deposited: 01 Mar 2024 04:11
Last Modified: 01 Mar 2024 04:11
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/107745

Actions (login required)

View Item View Item