Analisa Pengaruh Variasi Komposisi Semen Putih Dan Zeolit Pada System Catalytic Converter Terhadap Kekuatan Struktur Katalis Dan Gas Buang Karbon Monoksida (CO)

Satriani, Alifiano Rendi Putra (2024) Analisa Pengaruh Variasi Komposisi Semen Putih Dan Zeolit Pada System Catalytic Converter Terhadap Kekuatan Struktur Katalis Dan Gas Buang Karbon Monoksida (CO). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04211940000088-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
04211940000088-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2026.

Download (29MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar sekaligus negara maritim dengan dua pertiga wilayahnya merupakan wilayah lautan. Oleh karena masyarakat sebagai nelayan terutama pada daerah pesisir cukup besar jumlahnya.
Masyarakat tersebut tak lepas dari penggunaan alat transportasi mereka yaitu kapal kecil yang digunakan untuk menangkap hasil laut. Hasil pembakaran dari mesin bermotor akan menghasilkan emisi gas buang yang berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan manusia. Untuk mengatasi hal tersebut, dibutuhkan penggunakan teknologi catalytic converter. Catalytic converter adalah alat untuk mengurangi emisi gas buang, salah satunya yaitu gas karbon monoksida (CO) yang dihasilkan oleh mesin. Katalis yang digunakan pada catalytic converter terbuat dari logam seperti platinum, palladium, dan rhodium.. Bahan tersebut adalah semen putih dan zeolite. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi komposisi semen putih dan zeolit pada system catalytic converter terhadap gas buang Karbon Monoksida (CO). Dalam penelitian ini, dilakukan pengukuran kadar emisi gas buang dengan lima perbandingan komposisi bahan yang berbeda, yaitu tanpa katalis, Zeolit 25% : Semen Putih 75%, Zeolit 50% : Semen Putih 50%, Zeolit 62,5% : Semen Putih 37,5%, dan Zeolit 75% : Semen Putih 25%. Setelah selesai dilakukan pengujian dengan semua komposisi bahan, diketahui bahwa semua kondisi struktur katalis mash utuh.
Namun pada komposisi Zeolit 25% : Semen Putih 75%, Zeolit 50% : Semen Putih 50%, Zeolit 62,5% : Semen Putih 37,5%, terdapat pola seperti retakan rambut pada permukaan katalis, sedangkan pada komposisi Zeolit 75% : Semen Putih 25%, seperti pada gambar terdapat bagian yang terkikis di sekitar lubang katalis. bertambahnya kerapatan adsorben seiring dengan banyaknya bahan semen putih yang digunakan, akan meningkatkan struktur kekuatan katalis tersebut. Sehingga, semakin banyak komposisi semen putih, akan semakin kuat pula struktur katalisnya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Catalytic Converter, Gas karbon monoksida, semen putih, zeolit
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ935 Pipe--Fluid dynamics. Tubes--Fluid dynamics
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM731 Marine Engines
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Alifiano Rendi Putra Satriani
Date Deposited: 15 Mar 2024 02:54
Last Modified: 15 Mar 2024 02:54
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/107792

Actions (login required)

View Item View Item