Amalia, Rizki Mahira (2022) Analisis Faktor Yang Memengaruhi Loyalty Terhadap Penggunaan Mobile Banking Dengan Structural Equation Modeling (Studi Kasus: BANK BRI). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
05211840007003-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 September 2024. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Konteks: Mobile banking merupakan contoh yang baik dari terobosan teknologi mobile di sektor perbankan, memungkinkan nasabah untuk secara mandiri melakukan transaksi keuangan (yaitu pertanyaan mengenai saldo, transfer dana, pembayaran tagihan) melalui perangkat smartphone, atau Personal Digital Assistant (PDA) pada waktu dan tempat yang telah dipilih oleh pelanggan. Oleh karena itu, teknologi ini dapat memberikan nilai yang cukup besar baik perusahaan perbankan ataupun nasabahnya.
Permasalahan: Permasalahan yang sedang dialami pada saat ini yaitu pengadopsian pada aplikasi layanan mobile banking di Indonesia yang masih tergolong rendah. Hal ini dikarenakan masih banyak nasabah yang tidak loyal dalam menggunakan aplikasi layanan mobile banking yang mana masih banyak nasabah yang menggunakan mobile banking lebih dari satu bank yang berbeda. Oleh karena itu, perlu diketahui aspek apa saja yang secara signifikan mempengaruhi pengguna mobile banking dan kepuasan yang dirasakan nasabah agar dapat meningkatkan loyalitas nasabah dalam menggunakan aplikasi layanan mobile banking.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi loyalitas nasabah dalam menggunakan mobile bankingberdasarkan model penelitian yang digunakan yaitu model UTAUT2 dana IS Success Model. Serta memberikan saran stategis untuk pengembangan aplikasi layanan mobile banking berdasarkan faktor yang berpengaruh secara signifikan dan memberikan rekomendasi terkait penambahan aspek lain yang dapat berpengaruh dalam meningkatkan loyalitas nasabah.
Metode: Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan model UTAUT2 (Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2) dan IS Success Model yang mana terdapat variable Satisfaction. Kemudian Loyalty, dan Usage dikategorikan sebagai landasan dalam pembuatan hipotesis yang mana variabel Satisfaction sebagai variabel mediasi.
Hasil: Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini yaitu Variabel PE berpengaruh secara tidak siginifikan terhadap USE sebesar p-values= 0.066 maka hipotesis ditolak. Variabel EE berpengaruh secara tidak signifikan terhadap USE sebesar p-values= -0.005 maka hipotesis ditolak. Variabel SI berpengaruh secara tidak signifikan terhadap USE sebesar p-values= - 0.021 maka hipotesis ditolak. Variabel FC berpengaruh secara signifikan terhadap USE sebesar p-values= 0.329 maka hipotesis diterima. Variabel HM berpengaruh secara tidak signifikan terhadap USE sebesar p-values= -0.031 maka hipotesis ditolak. Variabel PV berpengaruh secara tidak signifikan terhadap USE sebesar p-values= 0.046 maka hipotesis ditolak. Variabel HT berpengaruh secara signifikan terhadap USE sebesar p-values= 0.192viii maka hipotesis diterima. Variabel SQ berpengaruh secara tidak signifikan terhadap USE sebesar p-values= 0.045 maka hipotesis ditolak. Variabel SRQ berpengaruh secara tidak signifikan terhadap USE sebesar p-values= -0.045 maka hipotesis ditolak. Variabel IQ berpengaruh secara signifikan terhadap USE sebesar p-values= 0.330 maka hipotesis diterima. Variabel USE berpengaruh secara signifikan terhadap SATIS sebesar p-values= 0.571 maka hipotesis diterima. Variabel USE berpengaruh secara signifikan terhadap LYT sebesar pvalues= 0.165 maka hipotesis diterima. Variabel SATIS berpengaruh secara signifikan terhadap LYT sebesar p-values= 0.461 maka hipotesis diterima. Selain itu, diberikan rekomendasi untuk meningkatkan faktor yang memiliki pengaruh yang signifikan dan penambahan factor yang dapat mempengaruhi loyalitas nasabah sebagai saran untuk penelitian selanjutnya.
Nilai Tambah: Nilai tambah dalam penelitian ini dapat membantu perusahaan mengetahui faktor yang mempengaruhi adopsi dan kepuasan pengguna dan memberikan usulan berdasarkan faktor yang signifikan berpengaruh serta penambahan variabel baru yang dapat dijadikan referensi pada studi penelitian selanjutnya
==================================================================================================================================
Context: Mobile banking is a good example of a breakthrough in mobile technology in the banking sector, enabling customers to independently conduct financial transactions (i.e. balance inquiries, fund transfers, bill payments) via a smartphone, or Personal Digital Assistant (PDA) at any time and the place chosen by the customer. Therefore, this technology can provide considerable value to both banking companies and their customers.
Problems: The problem that is currently being experienced is the adoption of mobile banking service applications in Indonesia which is still relatively low. This is because there are still many customers who are not loyal in using mobile banking service applications where there are still many customers who use mobile banking from more than one different bank. Therefore, it is necessary to know what aspects significantly affect mobile banking users and the satisfaction felt by customers in order to increase customer loyalty in using mobile banking service applications.
Purpose: This study aims to identify the factors that influence customer loyalty in using mobile banking based on the research model used, namely the UTAUT2 model and the IS Success Model. As well as providing strategic advice for the development of mobile banking service applications based on factors that have a significant influence and providing recommendations regarding the addition of other aspects that can have an effect on increasing customer loyalty.
Methods: The method used in this study uses Structural Equation Modeling (SEM) using the UTAUT2 (Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2) model and the IS Success Model in which there is a Satisfaction variable. Then Loyalty, and Usage are categorized as the basis for making a hypothesis in which the Satisfaction variable is the mediating variable.
Results: The results obtained in this study are that the PE variable has a non-significant effect on USE of p-values = 0.066, so the hypothesis is rejected. The EE variable has no significant effect on USE by p-values = -0.005, so the hypothesis is rejected. The SI variable has no significant effect on USE of p-values = -0.021, so the hypothesis is rejected. The FC variable has a significant effect on USE with p-values = 0.329, so the hypothesis is accepted. The HM variable has no significant effect on USE by p-values = -0.031, so the hypothesis is rejected. The PV variable has no significant effect on USE of p-values = 0.046, so the hypothesis is rejected. The HT variable has a significant effect on USE of p-values = 0.192, so the hypothesis is accepted. The SQ variable has no significant effect on USE of p-values = 0.045, so the hypothesis is rejected. The SRQ variable has no significant effect on USE of p-values = -0.045, so the hypothesis is rejected. The IQ variable has a significant effect on USE with px values = 0.330, so the hypothesis is accepted. The USE variable has a significant effect on SATIS with p-values = 0.571, so the hypothesis is accepted. The USE variable has a significant effect on the LYT of p-values = 0.165, so the hypothesis is accepted. The SATIS variable has a significant effect on the LYT of p-values = 0.461, so the hypothesis is accepted. In addition, recommendations are given to increase factors that have a significant influence and additional factors that can affect customer loyalty as suggestions for further research.
Added Value: The added value in this study can help companies determine the factors that influence user adoption and satisfaction and provide suggestions based on significant influencing factors as well as the addition of new variables that can be used as references in further research studies
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | RSSI 519.535 Ama a-1 |
Uncontrolled Keywords: | Mobile banking, Structural Equation Modelling (SEM), UTAUT2, IS Success Model, Loyalty |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA278.3 Structural equation modeling. |
Divisions: | Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Mr. Tondo Indra Nyata |
Date Deposited: | 15 Mar 2024 06:58 |
Last Modified: | 15 Mar 2024 06:58 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/107820 |
Actions (login required)
View Item |