Studi Perencanaan Kapal Penyeberangan Dan Sistem Penggeraknya Untuk Operasional Di Perairan Gili - Probolinggo Yang Rawan Terhadap Terjadinya Angin Gending

Febiyanto, Deka Navis (2008) Studi Perencanaan Kapal Penyeberangan Dan Sistem Penggeraknya Untuk Operasional Di Perairan Gili - Probolinggo Yang Rawan Terhadap Terjadinya Angin Gending. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[thumbnail of 4206100514-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
4206100514-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (10MB)

Abstract

Pulau Gili merupakan pulau kecil yang terletak 5 mill laut .vebelah utara Kabupaten Probolinggo dengan luas ± 68 Ha yang memiliki penduduk ± 8000 jiwa, padatnya penduduk Pulau Gili menyebabkan mobilitas mereka sangat besar terutama ke wilayah Probolinggo untuk memenuhi kebutuhan mereka. Hal ini berbeda yang terjadi Anging Gending (angin dengan kecepatan ± 15,55 Knot yang bertiup dari arah utara dan timur) yang menyebabkan kapal penyeberangan disana tidak beroperasi sehingga menyebabkan mobilitas masyarakat terhambat Pada Tugas Akhir ini akan direncanakan kapal penyeberangan Gili - Probolinggo yang dapat beroperasi walaupun terjadi Angin Gending. Perencanaan kapal didasarkan pada hasil data - data yang diperoleh di Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo dan ukuran utama kapal didasarkan alas kebutuhan tempat atau ruang yang diperlukan (metode kuantitatif), sedangkan bentuk fisik direncanakan menggunakan kayu jati untuk konstruki lambung dan kayu meranti untuk bangunan atasnya. Dari hasil olah data didapal ukuran utama kapal penyeberangan Gili- Probolinggo Loa = 11,53 m, Lwl = 10,989 m, B = 3,12 m, T = 0,75 m, H = 1,4 m dan Cb = 0,487 yang dapat memuat 30 penumpang, 2 ABK, 1,5 ton barang dan 4 sepeda motor. Kapal juga memiliki stabilitas yang sesuai standart kriteria IMO
====================================================================================================================================
Gili Island is a small island located 5 miles north of Probolinggo Regency with an area of ± 68 Ha and has a population of ± 8000 people. The dense population of Gili Island causes their mobility to be very large, especially to the Probolinggo area to meet their needs. This is different from what happened with Anging Gending (wind with a speed of ± 15.55 Knots blowing from the north and east) which caused the crossing ships there to not operate, causing people's mobility to be hampered. In this final project, a Gili - Probolinggo crossing ship will be planned that can operate. even though there is a Gending Wind. The ship planning is based on the results of data obtained at the Port of Tanjung Tembaga Probolinggo and the main dimensions of the ship are based on the required space or space (quantitative method), while the physical form is planned using teak wood for the hull construction and meranti wood for the superstructure. From the data processing results, it can be seen that the main dimensions of the Gili-Probolinggo crossing ship are Loa = 11.53 m, Lwl = 10.989 m, B = 3.12 m, T = 0.75 m, H = 1.4 m and Cb = 0.487. carrying 30 passengers, 2 crew members, 1.5 tons of goods and 4 motorbikes. The ship also has stability that meets IMO standard criteria

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSSP 623.81 Feb s-1 2008
Uncontrolled Keywords: Pulau Gili, kapal penyeberangan, metode kuantitatif. Angin Gending; Gili Islands, ferryboats, quantitative methods. Gending Wind
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 19 Mar 2024 02:13
Last Modified: 19 Mar 2024 02:13
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/107826

Actions (login required)

View Item View Item