"Desain Mainan Sebagai Sarana Bermain Outdoor Bagi Anak Usia 3-5 Tahun Dengan Konsep Kerjasama Untuk Playgroup, Taman Bermain Dan Atau Taman Kanak-Kanak"

Hertanti, Novy (2007) "Desain Mainan Sebagai Sarana Bermain Outdoor Bagi Anak Usia 3-5 Tahun Dengan Konsep Kerjasama Untuk Playgroup, Taman Bermain Dan Atau Taman Kanak-Kanak". Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[thumbnail of 3400100084-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
3400100084-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (8MB)

Abstract

Setiap anak sangat suka bermain. Bagi si kecil, kegiatan tersebut bukan sekadar bersenang-senang. Melalui bermain, si kecil akan belajar tentang dunia dan sekelilingnya. Fa memiliki kesempatan untuk mengeksplorasi lingkungan dan mengembangkan keterampilan, nilai, sikap, toleransi, serta pemahaman. Bermain juga merupakan cara untuk mengeskpresikan perasaan dan emosi yang lebih cepat dibandingkan menyampaikan ekspresi secara verbal. Dengan bermain juga, anak dapat menguji kemampuan dirinya, bereksperimen dengan peran-peran yang ada, mengolah emosi, mengurangi ketegangan, mengembangkan kemampuan pengertian diri dan melatih keterampilan. Bermain sangat bermanfaat untuk membantu tumbuh kembang anak agar lebih optimal, sehingga pemilihan mainan sangatlah penting agar manfaatnya bisa lebih optimal. Namun, produsen maupun desainer mainan pun mulai kurang memperhatikan segi positif dari suatu mainan yang dampaknya akan timbul pada anak-anak Bahkan, jika orang tua sendiri kurang jeli dan pandai dalam memilihkan mainan untuk putra-putri mereka, maka anak-anak akan mendapatkan mainan yang hanya rnenirnbulkan pengaruh buruk bagi rnereka. Padahal seseorang terbentuk karakternya ketika rnereka rnasih anak-anak - selain karakter bawaan/alami- oleh didikan orang tua/pengaruh keluarga, pengaruh lingkungan dan tentu saja dari mainannya. Untuk itu dibutuhkan suatu mainan baru yang memiliki tidak saja segi inovasi sehingga anak akan tertarik, namun juga segi edukasi, yang memberikan pengajaran rnengenai dasar dasar untuk perkembangan jiwanya, yang tidak hanya rnernberikan efek positif, tetapi juga sesuatu yang dapat membentuk kepribadian mereka. Desain mainan baru ini nantinya akan menjadi salah satu alternatif mainan bagi anak-anak, yang tidak hanya rmembuat anak asyik memainkannya namun juga terlatih untuk bersosialisasi dan bekerja sarma dengan teman-temannya. Dengan belajar menyesuaikan diri dengan ternan, anak akan belajar bagaimana cara mengontrol emosi, bagaimana caranya berbagi dengan orang lain dan belajar bagaimana bisa rnengerti hubungan aksi reaksi antar teman sebayanya
====================================================================================================================================
Every child really likes to play. For your little one, this activity is not just for fun. Through playing, your little one will learn about the world and its surroundings. Fa has the opportunity to explore the environment and develop skills, values, attitudes, tolerance and understanding. Playing is also a way to express feelings and emotions more quickly than conveying expressions verbally. By playing, children can test their abilities, experiment with existing roles, process emotions, reduce tension, develop self-understanding abilities and practice skills. Playing is very useful for helping children's growth and development to be more optimal, so choosing toys is very important so that the benefits can be more optimal. However, toy manufacturers and designers are starting to pay less attention to the positive aspects of a toy which have an impact on children. In fact, if parents themselves are not observant and clever in choosing toys for their sons and daughters, then children will get toys that it only has a bad influence on them. In fact, a person's character is formed when they are still children - apart from innate/natural character - by parental upbringing/family influence, environmental influence and of course from their toys. For this reason, a new toy is needed that has not only an innovative aspect so that children will be interested, but also an educational aspect, which provides teaching about the basic principles for mental development, which not only provides a positive effect, but is also something that can shape their personality. This new toy design will later become an alternative toy for children, which will not only make children have fun playing with it but will also train them to socialize and work together with their friends. By learning to adapt to friends, children will learn how to control emotions, how to share with others and learn how to understand action-reaction relationships between peers

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSDP 745.4 Her d-1 2007
Uncontrolled Keywords: Mainan, Kerjasama, Edukatif, Kreatifitas; Toys, Collaboration, Education, Creativity
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS171 Product design
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Industrial Product Design > 90231-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 26 Apr 2024 01:57
Last Modified: 26 Apr 2024 01:57
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/107914

Actions (login required)

View Item View Item