PENGEMBANGAN PETA TIGA DIMENSI INTERAKTIF GEDUNG JURUSAN TEKNIK MATERIAL DAN METALURGI INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER SURABAYA DENGAN MENGGUNAKAN UNREAL ENGINE

REZANO, HELVEA (2016) PENGEMBANGAN PETA TIGA DIMENSI INTERAKTIF GEDUNG JURUSAN TEKNIK MATERIAL DAN METALURGI INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER SURABAYA DENGAN MENGGUNAKAN UNREAL ENGINE. In: Tugas Akhir.

[img]
Preview
Text
5207100705-Paper.pdf - Published Version

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5207100705-Presentation.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini berdampak pada penyajian informasi salah satunya mengenai penerapan pembuatan bangunan. Pada awalnya penyajian informasi pada beberapa bangunan masih menggunakan peta dua dimensi (2D), akan tetapi penyajian informasi menggunakan peta dua dimensi kurang memberikan gambaran bangunan dan penjelasan mengenai bangunan yang detail. Seiring dengan jalannya waktu dan perkembangan teknologi, penyajian informasi menggunakan peta tiga dimensi (3D) mulai digunakan. Dengan adanya penggunaan peta tiga dimensi ini, tampilan bangunan terlihat lebih detail dan menarik, tak terkecuali pada perguruan tinggi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Pada tugas akhir ini, penulis telah mengembangkan sebuah peta tiga dimensi dengan menggunakan sebuah tools engine yang sudah tidak asing lagi yaitu Unreal Engine, selain itu juga penulis juga menggunakan aplikasi pendukung lain yaitu 3ds Max untuk modeling benda tiga dimensi dan Adobe Flash sebagai user interface untuk informasi dan interaksinya. Aplikasi peta tiga dimensi ini nantinya akan menyajikan tampilan peta dari gedung Jurusan teknik Material dan Metalurgi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan diharapkan dapat memudahkan pengguna untuk mengetahui dan mengunjungi gedung tersebut secara virtual seperti halnya pada dunia nyata tanpa harus datang langsung ketempat tersebut.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Unreal Engine, Peta Tiga Dimensi, Jurusan Teknik Material dan Metalurgi, Gedung Teknik Material ITS, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science. EDP
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 31 May 2016 14:51
Last Modified: 27 Dec 2018 06:26
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/108

Actions (login required)

View Item View Item