Tinjauan Teknis Perencanaan Power Pada Harbour Tug Untuk KT Anggada VIII Dan KT Anggada XV

Rakhmadhan, Nur Ramlie (2009) Tinjauan Teknis Perencanaan Power Pada Harbour Tug Untuk KT Anggada VIII Dan KT Anggada XV. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[thumbnail of 4205100018-Undergraduated_Thesis.pdf] Text
4205100018-Undergraduated_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (8MB)

Abstract

Di PT. Pelabuhan Indonesia IV Makassar (PELINDO IV Makassar) terdapat KT. Anggada VIII (di pelabuhan Makassar) dan KT. Anggada XV (di pelabuhan Balikpapan) yang membutuhkan penggantian engine dengan daya yang lehih hesar atau disebut repowering. Penggantian engine dengan daya yang lebih besar ini dilakukan untuk meningkatkan bollard pull kapal tunda (tug boat) menjadi 22 ton. Selain itu juga dikarenakan engine yang ada sekarang usianya sudah tua sehingga performanya menurun. Pada tugas akhir ini dilakukan analisis perhitungan pada KT. Anggada VIII dan KT. Anggada XV dengan menggunakan program Maxsurf dan perhitungan manual dengan metode Holtrop untuk menentukan besarnya tahanan pada kecepatan 12 knots. Kemudian setelah ditentukan besar tahanannya, maka dilakukan perhitungan daya engine yang dibutuhkan KT. Anggada VIII dan KT. Anggada XV. Setelah itu ditentukan tipe propeller dan spesi.fikasi propeller yang digunakan. Untuk KT. Anggada VIII menggunakan ducted propeller sedangkan KT. Anggada XV menggunakan fixed propeller. Kemudian dilakukan perhitungan bollard pull dengan engine dan propeller yang sudah ditentukan. Berdasarkan hasil analisa, KI' Anggada VIII membutuhkan daya 2 x 450 HP (twin screw),propeller Ka.4-55, ducted Marin 19A, diameter 1,477 meter, PID ratio 0,87. Dengan engine dan propeller tersebut, KT Anggada VIII bisa menghasilkan bollard pull sebesar 21,42 ton (kondisi engine SCR) dan 23,86 ton (untuk kondisi engine MCR). Untuk KT. Anggada VIIJ, agar menghasilkan bollard pull 22 ton pada kondisi SCR maka daya engine diperbesar menjadi 2 x 468,44 HP (pada MCR) dengan menggunakan propeller Ka.4-55, ducted Marin 19A, diameter 1,477 meter, PID ratio 0,87. KT Anggada XVmembutuhkan daya 2 x 800 HP (twin screw), propeller B4-100, diameter propeller 1,657 meter dan PID ratio 0,8. Dengan engine dan propeller tersebut, KT Anggada XV bisa menghasilkan ballard pull sebesar 15,04 ton (kondisi engine SCR) dan 16,76 ton (untuk kondisi engine MCR). Untuk KT. Anggada XV, agar menghasilkan bollard pull 22 ton pada kondisi SCR maka daya engine diperbesar menjadi 2 x 1415,67 HP (pada MCR) dengan menggunakan propeller B4-100, diameter propeller 1,657 meter dan PID ratio 0,8
=====================================================================================================================================
At PT. Indonesia IV Makassar Harbor (PELINDO IV Makassar) has KT. Anggada VIII (at Makassar port) and KT. Anggada XV (at Balikpapan port) which requires engine replacement with greater power or what is called repowering. Replacing the engine with greater power was carried out to increase the bollard pull of the tug boat to 22 tons. Apart from that, the current engine is old so its performance has decreased. In this final project, a calculation analysis is carried out on KT. Anggada VIII and KT. Anggada XV using the Maxsurf program and manual calculations using the Holtrop method to determine the amount of resistance at a speed of 12 knots. Then, after determining the amount of resistance, the engine power required by KT is calculated. Anggada VIII and KT. Anggada XV. After that, the propeller type and propeller specifications used are determined. For KT. Anggada VIII uses a ducted propeller while KT. Anggada XV uses a fixed propeller. Then the bollard pull calculation is carried out with the specified engine and propeller. Based on the analysis results, KI' Anggada VIII requires 2 x 450 HP (twin screw), propeller Ka.4-55, ducted Marin 19A, diameter 1,477 meters, PID ratio 0.87. With this engine and propeller, KT Anggada VIII can produce a bollard pull of 21.42 tons (SCR engine condition) and 23.86 tons (for MCR engine condition). For KT. Anggada VIIJ, in order to produce a 22 ton bollard pull in SCR conditions, the engine power was increased to 2 x 468.44 HP (on MCR) using a Ka.4-55 propeller, ducted Marin 19A, diameter 1,477 meters, PID ratio 0.87. KT Anggada With this engine and propeller, the KT Anggada XV can produce a ballard pull of 15.04 tonnes (SCR engine condition) and 16.76 tonnes (for MCR engine condition). For KT. Anggada

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSSP 623.812 32 Rak t-1 2009
Uncontrolled Keywords: repowering, bollard pull
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM464 Towboats. Tugboats
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 14 Jun 2024 07:41
Last Modified: 14 Jun 2024 07:41
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/108044

Actions (login required)

View Item View Item