Strategi Perancangan Bisnis Startup dan Aplikasi Untuk Reservasi dan Order Restoran Di Kota Kediri Dengan Menggunakan Metode Lean Startup dan Service Design

Raharjo, Yohanes Dwi (2024) Strategi Perancangan Bisnis Startup dan Aplikasi Untuk Reservasi dan Order Restoran Di Kota Kediri Dengan Menggunakan Metode Lean Startup dan Service Design. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6047222018-Master_Thesis.pdf] Text
6047222018-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah mengubah bisnis model dan menciptakan value baru kepada pelanggan dan pemilik restoran. Salah satu tantangan yang dihadapi di industri restoran adalah terkait antrian dan reservasi. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi strategi perancangan bisnis yang dapat digunakan oleh startup dalam industri restoran. Dalam penelitian ini, dua pendekatan utama yang digunakan adalah lean startup dan service design. Metode kualitatif berupa wawancara dan pengujian dilakukan pada pengelola dan pengunjung restoran yang ada di Kota Kediri dengan responden generasi milenia dan generasi z. Pada tahap pengumpulan data dilakukan perbandingan aplikasi reservasi yang sudah ada. Ditemukan bahwa layanan reservasi yang disediakan terbatas pada kota-kota besar, hal inilah yang menjadi peluang dan potensi bisnis bagi startup baru. Interview juga dilakukan untuk memvalidasi problem antrian yang dialami oleh pengunjung maupun pengelola restoran. Hasil yang diperoleh 91% responden menyatakan bahwa problem antrian adalah valid dan penting untuk diselesaikan. Dari data tersebut penulis mencoba menjabarkan ide bisnis baru startup dan aplikasi reservasi sebagai sebuah solusi dengan menggunakan lean canvas. Pendekatan lean startup yang digunakan pada penelitian ini berfokus pada percepatan pembuatan minimum viable product (MVP) yang berupa aplikasi reservasi Eat-Eat. Pendekatan service design melalui service blue print digunakan untuk melihat proses bisnis dan interaksi para pemangku kepentingan yang terkait. Perpaduan kedua metode akan saling melengkapi dan membuat MVP yang ditawarkan menjadi semakin selaras dengan kebutuhan dan preferensi pelanggan. Mockup protoype aplikasi reservasi Eat-Eat dibuat dengan menggunakan software figma dan diujikan kepada 11 responden untuk menilai kelayakan usability-nya. Dengan menggunakan metode system usability scale (SUS) diperoleh nilai rata-rata akhir 88 dari standar nilai rata-rata SUS yang ditetapkan oleh Jeff Sauro sebesar 68. Artinya prototype aplikasi reservasi Eat-Eat dapat diterima atau layak untuk digunakan. Selama melakukan interview dan pengujian, penulis mendapatkan banyak umpan balik yang positif untuk pengembangan dan penyempurnaan aplikasi. Pada tahap akhir protoype yang sudah disempurnakan melalui proses iterasi dan mendapatkan hasil layak akan menjadi final application yang siap untuk di-launching. Diharapkan hasil dari penelitian ini akan memberikan wawasan yang berharga bagi founder dan co-founder startup untuk mengembangkan strategi perancangan bisnis yang lebih efektif, menciptakan produk dan layanan yang lebih inovatif, relevan dan berkelanjutan
====================================================================================================================================
The development of digital technology has transformed business models and created new value for customers and restaurant owners. One of the challenges faced in the restaurant industry is related to queues and reservations. This research aims to investigate business design strategies that can be used by startups in the restaurant industry. In this study, two main approaches are used: lean startup and service design. Qualitative methods in the form of interviews and testing were conducted on restaurant managers and visitors in the city of Kediri with respondents from the millennial and Generation Z demographics. During the data collection phase, a comparison of existing reservation applications was carried out. It was found that reservation services are limited to large cities, presenting an opportunity and business potential for new startups. Interviews were also conducted to validate the queue problem experienced by both restaurant visitors and managers. The results showed that 91% of respondents stated that the queue problem is valid and important to resolve. Based on this data, the author attempts to outline a new startup business idea and reservation application as a solution using a lean canvas. The lean startup approach used in this research focuses on accelerating the creation of a minimum viable product (MVP) in the form of the reservation application Eat-Eat. The service design approach, through a service blueprint, was used to observe the business processes and interactions of the related stakeholders. The combination of these two methods complements each other and makes the offered MVP more aligned with customer needs and preferences. A mockup prototype of the Eat-Eat reservation application was created using Figma software and tested on 11 respondents to assess its usability. Using the system usability scale (SUS) method, an average final score of 88 was obtained, compared to the standard average SUS score of 68 set by Jeff Sauro. This means that the Eat-Eat reservation application prototype is acceptable and feasible to use. During interviews and testing, the author received a lot of positive feedback for the development and improvement of the application. In the final stage, the prototype, which has been refined through an iterative process and deemed feasible, will become the final application ready for launch. It is hoped that the results of this research will provide valuable insights for startup founders and co-founders to develop more effective business design strategies, creating more innovative, relevant, and sustainable products and services.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Startup, Aplikasi Reservasi Restoran, Lean Canvas, Lean Startup, Service Design, Startup, Restaurant Reservation and Ordering Applications, Lean Canvas, Lean Startup, Service Design
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Planning. Business planning. Strategic planning.
Divisions: Interdisciplinary School of Management and Technology (SIMT) > 78201-System And Technology Innovation
Depositing User: Yohanes Dwi Raharjo
Date Deposited: 09 Jul 2024 07:35
Last Modified: 09 Jul 2024 07:35
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/108206

Actions (login required)

View Item View Item