Analisis pengaruh air leakage terhadap nilai heat transfer dan efektivitas Primary Air Heater Sisi A Unit 5 menggunakan variasi beban operasi di PT. PLN Indonesia Power Suralaya PGU

Manullang, William Benyamin (2023) Analisis pengaruh air leakage terhadap nilai heat transfer dan efektivitas Primary Air Heater Sisi A Unit 5 menggunakan variasi beban operasi di PT. PLN Indonesia Power Suralaya PGU. Project Report. [s.n.], [s.l.]. (Unpublished)

[thumbnail of 2039201004-Project_Report.pdf] Text
2039201004-Project_Report.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Laporan ini menganalisis efektivitas dan perpindahan panas pada Primary Air Heater (PAH) A Unit 5 di PT. Indonesia Power Suralaya PGU. Studi ini dilakukan dengan mengidentifikasi kebocoran udara yang terjadi pada PAH 5A dan menghitung nilai perpindahan panas serta efektivitas pada berbagai variasi beban operasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa kebocoran udara meningkat seiring dengan meningkatnya beban operasi, terutama pada kondisi beban penuh (600 MW). Efektivitas air heater lebih tinggi pada beban rendah dibandingkan dengan beban tinggi. Penelitian ini juga menemukan bahwa perpindahan panas aktual meningkat dengan meningkatnya beban operasi, yang menunjukkan penggunaan elemen pemanas sesuai dengan siklus kebutuhan dan berpotensi meningkatkan efisiensi boiler. Temuan lain menunjukkan adanya potensi kerusakan pada elemen PAH 5A akibat overheat dan peningkatan laju korosi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pada beban tertinggi 600 MW, menghasilkan nilai kebocoran tertinggi. Saran diberikan untuk mengurangi kebocoran udara dengan memelihara seal rotor secara rutin.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Ljungstrom Air Heater, Air Leakage, Efektifitas
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ1058 Rotors
Divisions: Faculty of Vocational > Mechanical Industrial Engineering (D4)
Depositing User: William Benyamin
Date Deposited: 11 Jul 2024 08:03
Last Modified: 11 Jul 2024 08:03
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/108256

Actions (login required)

View Item View Item