Analisis Risiko Kecelakaan Kerja Pada Progressive Pigging Pipa Bawah Laut 32" PT XYZ

Taufiq, Ahmad (2024) Analisis Risiko Kecelakaan Kerja Pada Progressive Pigging Pipa Bawah Laut 32" PT XYZ. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04311840000035_AHMAD TAUFIQ.pdf] Text
04311840000035_AHMAD TAUFIQ.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of 04311840000035-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
04311840000035-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Dalam industri minyak dan gas bumi, penggunaan pipa transportasi berfungsi sebagai penghubung dari wilayah produksi ke tujuan tertentu untuk pendistribusian minyak, gas alam, dan/atau produk olahan dari minyak dan gas bumi. Salah satu teknik pigging yang membersihkan bagian dalam pipa yang kotor disebut pigging progresif. Progressive Pigging umumnya mengendalikan sejumlah pig dengan karakteristik agresif yang meningkat melalui sebuah pipa. Pada proses progressive pigging memiliki risiko kecelakan kerja. Penyebab dasar terjadinya kecelakaan kerja adalah tidak adanya manajemen yang baik untuk menangani risiko-risiko bahaya kerja. Faktor-faktor yang berisiko harus segera diketahui dan dikendalikan dengan benar sehingga dampaknya akan dapat diminimalisir sekecil mungkin. Analisis risiko kecelakaan kerja pada progressive pigging pipa bawah laut 32” PT XYZ bertujuan untuk mengetahui risiko kegagalan kecelakaan kerja yang dapat terjadi pada proses progressive pigging dengan menggunakan metode HAZOP untuk identifikasi bahaya dan untuk menemukan pengendalian yang sesuai. Dari metode tersebut maka didapatkan gambaran mengenai risiko-risiko yang dapat terjadi sehingga bisa dilaksanakannya pengendalian risiko yang dibutuhkan oleh pipa bawah laut PT XYZ. Penelitian ini dimulai dengan melakukan identifikasi hazard lalu dilanjutkan dengan penilaian risiko, kemudian menentukan langkah-langkah pengendalian potensi risiko dominan yang ada. Dalam penelitian ini dilakukan penyebaran kuisioner kepada pihak terkait untuk mengetahui besaran kemungkinan kejadian (likelihood) dan keparahan (severity) potential hazard pada kecelakaan kerja progressive pigging.
=================================================================================================================================
In the oil and gas industry, the use of transportation pipelines functions as a connection from the production area to a specific destination for the distribution of oil, natural gas, and processed products from oil and gas. One pigging technique that cleans the inside of dirty pipelines is called progressive pigging. Progressive pigging generally controls an increasing number of pigs with aggressive characteristics through a pipeline. In the progressive pigging process, there is a risk of occupational accidents. In the progressive pigging process, there is a risk of occupational accidents. The basic cause of occupational accidents is the inadequate management of occupational hazards. Risk factors must be known immediately and adequately controlled to minimize the impact as little as possible. Through the use of the HAZOP method for hazard identification and for acceptable mitigation, the risk analysis of occupational accidents in the progressive pigging of 32" submarine pipe at PT XYZ seeks to ascertain the risk of occupational accident failure that can occur in the progressive pigging process. This method can provide an overview of the risks that can occur so that the risk control needed by the subsea pipeline of PT XYZ can be implemented.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kecelakaan kerja, Analisis HAZOP, Work Accident, Progressive Pigging, HAZOP Analysis
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: AHMAD TAUFIQ
Date Deposited: 12 Jul 2024 04:27
Last Modified: 12 Jul 2024 04:27
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/108274

Actions (login required)

View Item View Item