Analisis Faktor yang Memengaruhi Keterikatan Pengguna Pada Aplikasi Online Travel Agency Menggunakan Partial Least Square - Structural Equation Modeling (Studi Kasus: Tiket.com)

Ashaari, Firdaus Wahyu Gama (2024) Analisis Faktor yang Memengaruhi Keterikatan Pengguna Pada Aplikasi Online Travel Agency Menggunakan Partial Least Square - Structural Equation Modeling (Studi Kasus: Tiket.com). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5026201053-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5026201053-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Konteks: Pandemi COVID-19 telah memengaruhi banyak negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Dampak pandemi ini terasa pada berbagai bisnis, termasuk penjualan melalui aplikasi Online Travel Agency (OTA) yang mengalami penurunan akibat terbatasnya aktivitas masyarakat. Namun, dengan dicabutnya pembatasan kegiatan masyarakat di Indonesia, terjadi peningkatan signifikan dalam aktivitas ekonomi khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Dalam konteks ini, aplikasi seluler OTA menjadi pendekatan yang efektif bagi perusahaan agen perjalanan dalam mencapai pelanggan mereka. Namun, keberhasilan aplikasi seluler ini masih ditentukan oleh faktor-faktor tertentu, seperti kegunaan, intensitas penggunaan, dan Keterikatan pengguna. Permasalahan: Keterikatan pengguna merupakan faktor kunci dalam membangun hubungan yang kuat antara pengguna dan aplikasi, serta dalam menciptakan keunggulan kompetitif jangka panjang bagi agen perjalanan. Namun, masih terdapat keterbatasan penelitian empiris yang memfokuskan pada faktor-faktor yang mendorong keterikatan pengguna dalam menggunakan aplikasi perjalanan mobile. Oleh karena itu, perlu adanya penelitian yang mendalam untuk mengeksplorasi faktor-faktor yang memengaruhi keterkaitan pengguna pada aplikasi OTA. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi Keterikatan pengguna pada aplikasi Online Travel Agency (OTA) dalam konteks perjalanan dan pariwisata. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang atribut desain aplikasi dan kinerja aplikasi yang dapat merangsang Keterikatan pengguna. Metode: Penelitian ini menggunakan kerangka penelitian berdasarkan model Stimulus-Organism-Response (S-O-R) untuk menganalisis pengaruh dua jenis atribut aplikasi, yaitu desain aplikasi dan kinerja aplikasi, terhadap Keterikatan pengguna. Terdapat variabel tambahan yang diadopsi sebagai variabel eksogen yang memengaruhi variabel endogen psychological engagement yaitu time convenience. Tugas Akhir ini menerapkan metode Structural Equation Modeling (SEM) untuk analisis dan pengujian. Kuesioner tersebut diberikan secara online kepada pengguna Online Travel Agency yang terbatas pada platform seperti Tiket.com melalui media sosial. Hasil: Hasil dari penelitian ini Privacy/Security dan Time Convenience berpengaruh positif dan signifikan terhadap psychological engagement (PEN) dengan masing path coefficient sebesar 0,37; 0,322 dan t-statistic sebesar 2,41; 2,96. Psychological Engagement berpengaruh positif dan signifikan terhadap Utilitarian Benefit (UTI), Hedonic Benefit (HED), dan Social Benefit (SOC) dengan masing – masing path coefficient sebesar 0,694; 0,782; 0,649 dan t-statistic sebesar 14,356; 18,057; 13,432. Utilitarian Benefit berpengaruh positif dan signifikan terhadap Behavioral Engagement dengan path coefficient sebesar 0,288 dan t-statistic sebesar 2,625. Sedangkan, untuk Portability, Compatibility, Ease of Use berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Psychological Engagement (PEN) dengan masing – masing path coefficient sebesar 0,071; 0,168; 0,209 dan t-statistic sebesar 0,541; 1,337; 1,573. Hedonic Benefit dan Social Benefit masing – masing berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Behavioral Engagement Intention (BEN) dengan path coefficient sebesar 0,209; 0,005 dan t-statistic sebesar 1,573; 0,051. UI Attractiveness dan Relative Advantages berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap psychological engagement dengan masing – masing path coefficient sebesar -0,021; -0,084 dan t-statistic sebesar 0,151; 0,778. Selain itu, terdapat saran yang diberikan kepada penyedia layanan aplikasi tiket.com sesuai dengan hasil dari faktor yang memengaruhi keterkaitan pengguna untuk terus menerus menggunakan aplikasi tiket.com, serta diberikan rekomendasi usulan penambahan variabel time convenience untuk penelitian selanjutnya. Nilai Tambah: Penelitian ini diharapkan mendapatkan data analisis dan identifikasi mengenai faktor – faktor yang dapat memengaruhi keterkaitan pengguna untuk terus menerus menggunakan tiket.com, dimana hasil tersebut dapat memberikan rekomendasi kepada penyedia layanan tiket.com serta dapt dimanfaatkan untuk pengembangan penelitian selanjutnya
======================================================================================================================================
Context: The COVID-19 pandemic has affected many countries around the world, including Indonesia. The impact of this pandemic has been felt on various businesses, including sales through the Online Travel Agency (OTA) application which has experienced a decline due to limited community activities. However, with the lifting of restrictions on community activities in Indonesia, there has been a significant increase in economic activity, especially in the tourism and creative economy sectors. In this context, OTA mobile applications become an effective approach for travel agency companies in reaching their customers. However, the success of this mobile application is still determined by certain factors, such as usability, intensity of use, and user engagement. Problem: User engagement is a key factor in building a strong relationship between users and the app, as well as in creating a long-term competitive advantage for travel agents. However, there is still limited empirical research that focuses on the factors that drive user engagement in using mobile travel applications. Therefore, there is a need for in-depth research to explore the factors that influence user engagement with OTA applications. Objective: The aim of this research is to determine the factors that influence user engagement with the Online Travel Agency (OTA) application in the context of travel and tourism. This research aims to gain a better understanding of the attributes of application design and application performance that can stimulate user engagement. Method: This research uses a research framework based on the Stimulus-Organism-Response (S-O-R) model to analyze the influence of two types of application attributes, namely application design and application performance, on user engagement. There is an additional variable that is adopted as an exogenous variable that influences the endogenous variable psychological engagement, namely time convenience. This final project applies the Structural Equation Modeling (SEM) method for analysis and testing. The questionnaire was given online to Online Travel Agency users who were limited to platforms such as Tiket.com via social media. Results: The results of this research: Privacy/Security and Time Convenience have a positive and significant effect on psychological engagement (PEN) with each path coefficient of 0.37; 0.322 and t-statistic of 2.41; 2.96. Psychological Engagement has a positive and significant effect on Utilitarian Benefit (UTI), Hedonic Benefit (HED), and Social Benefit (SOC) with each path coefficient of 0.694; 0.782; 0.649 and t-statistic of 14.356; 18,057; 13,432. Utilitarian Benefit has a positive and significant effect on Behavioral Engagement with a path coefficient of 0.288 and a t-statistic of 2.625. Meanwhile, Portability, Compatibility, Ease of Use have a positive but not significant effect on Psychological Engagement (PEN) with each path coefficient of 0.071; 0.168; 0.209 and t-statistic of 0.541; 1,337; 1,573. Hedonic Benefit and Social Benefit each have a positive but not significant effect on Behavioral Engagement Intention (BEN) with a path coefficient of 0.209; 0.005 and t-statistic of 1.573; 0.051. UI Attractiveness and Relative Advantages have a negative and insignificant effect on psychological engagement with each path coefficient of -0.021; -0.084 and t-statistic of 0.151; 0.778. Apart from that, there are suggestions given to the tiket.com application service providers according to the results of the factors that influence user engagement in continuously using the tiket.com application, as well as recommendations for adding time convenience variables for further research. Added Value: This research is expected to obtain analysis and identification data regarding factors that can influence user engagement in continuing to use tiket.com, where the results can provide recommendations to tiket.com service providers and can be used for further research development

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Behavioral Engagement Intention, Online Travel Agency, Partial Least Square - Structural Equation Modeling, Keterikatan Pengguna, Online Travel Agency, Partial Least Square - Structural Equation Modeling
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA278.3 Structural equation modeling.
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Firdaus Wahyu Gama Ashaari
Date Deposited: 19 Jul 2024 03:33
Last Modified: 19 Jul 2024 03:33
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/108479

Actions (login required)

View Item View Item