Analisis Penggunaaan Aplikasi OVO di Kabupaten Tulungagung Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM)

Trixie, Hemas Salsabila (2024) Analisis Penggunaaan Aplikasi OVO di Kabupaten Tulungagung Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2043201007-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
2043201007-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

E-wallet memiliki fungsi sama dengan uang yaitu sebagai alat tukar. Berdasarkan, Blooming E-Commerce in Indonesia Part 2.1 : Ecosystem – Payment mengatakan bahwa dalam kategori aplikasi independent, OVO memimpin pengguna aktif bulanan dengan 20,8 juta pengguna pada bulan Mei 2021, dan OVO menduduki peringkat pertama sebesar 37%. Pada tahun 2018, kurang lebih 150 gerai makanan di Kabupaten Tulungagung telah bergabung menjadi mitra grabfood yang terdaftar dalam merchant dompet digital OVO. Sayangnya peralihan dalam hal sistem pembayatan ini belum mampu mendorong hingga kelapisan pedesaan. Berdasarkan hal tersebut, diperlukan pemodelan yang tepat untuk menganalisis variabel prediktor yang menganalisis persepsi dan perilaku masyarakat di Kabupaten Tulungagung, dengan adanya manfaat dan masalah yang dialami pengguna dompet digital tersebut salah satu metode yang dapat digunakan adalah Technology Acceptance Model (TAM). TAM merupakan sebuah teori sistem informasi yang dirancang untuk menjelaskan bagaimana pengguna mengerti dan menggunakan sebuah teknologi informasi. Tujuan adalah mampu mengidentifikasi perilaku pengguna ketika menggunakan berbagai teknologi dan sistem informasi. Sehingga, hasil penelitian yang didapat mengetahui terkait pertanyaan pada indikator variabel endogen maupun variabel eksogen, terdapat 2 indikator tidak signifikan dan dilakukan penghapusan indikator sehingga menjadi 16 indikator yang signifikan dalam mengukur masing-masing variabel latennya, serta terdapat 3 variabel yang berpengaruh terhadap minat perilaku pengguna aplikasi OVO yaitu persepsi manfaat pengguna aplikasi OVO, sedangkan, berpengaruh terhadap kemudahan pengguna aplikasi OVO yaitu persepsi manfaat pengguna aplikasi OVO, dan berpengaruh terhadap persepsi manfaat pengguna aplikasi OVO yaitu persepsi keamanan pengguna aplikasi OVO
=====================================================================================================================================
E-wallets have the same function as money, namely as a medium of exchange. Based on Blooming E-Commerce in Indonesia Part 2.1 : Ecosystem – Payment, it is said that in the independent application category, OVO leads monthly active users with 20.8 million users in May 2021, and OVO is ranked first at 37%. In 2018, approximately 150 food outlets in Tulungagung Regency have joined as grabfood partners registered with the OVO digital wallet merchant. Unfortunately, this transition in terms of the initiation system has not been able to reach the rural levels. Based on this, appropriate modeling is needed to analyze predictor variables that analyze community perceptions and behavior in Tulungagung Regency. Given the benefits and problems experienced by digital wallet users, one method that can be used is the Technology Acceptance Model (TAM). TAM is an information systems theory designed to explain how users understand and use information technology. The goal is to be able to identify user behavior when using various technologies and information systems. So, the results of the research obtained know that regarding questions regarding indicators of endogenous variables and exogenous variables, there are 2 indicators that are not significant and the indicators are deleted so that there are 16 indicators that are significant in measuring each latent variable, and there are 3 variables that influence user behavior interest. The OVO application, namely the perceived benefits of OVO application users, meanwhile, influences the convenience of OVO application users, namely the perceived benefits of OVO application users, and influences the perceived benefits of OVO application users, namely the perceived security of OVO application users

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: SEM-PLS, TAM, OVO, Tulungagung District, TAM, Kabupaten Tulungagung, SEM-PLS, OVO
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T57.6 Operations research--Mathematics. Goal programming
Divisions: Faculty of Vocational > 49501-Business Statistics
Depositing User: Hemas Salsabila Trixie
Date Deposited: 19 Jul 2024 03:13
Last Modified: 19 Jul 2024 03:13
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/108482

Actions (login required)

View Item View Item