Az-Zahra, Farah Helga (2024) Analisis Kualitas Sintaksis dan Good Modeling Practice untuk Perbaikan Pembelajaran Pemodelan Proses Bisnis dengan Business Process Model and Notation (BPMN). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
5026201145-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 October 2026. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Konteks: Manajemen proses bisnis menjadi salah satu upaya bagi perusahaan dalam meningkatkan daya saingnya. Untuk menerapkan BPM dengan optimal pada perusahaan, diperlukan sumber daya yang memiliki kapabilitas pada bidang tersebut. Penerapan BPM sangat berkaitan dengan pemodelan proses bisnis. Hal ini menjadikan pembelajaran pemodelan proses bisnis menjadi hal yang penting dalam BPM. Permasalahan: Dalam pembelajaran pemodelan proses bisnis, pengajar telah memberikan pengajaran menggunakan standar Business Process Model and Notation (BPMN) dengan mengacu pada referensi buku disertai dengan tutorial pemodelan. Akan tetapi, hasil evaluasi pembelajaran pemodelan proses bisnis pada beberapa bagian belum menunjukkan hasil yang maksimal. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat bagian pada pembelajaran pemodelan proses bisnis yang tidak dipahami oleh mahasiswa, namun pengajar tidak memiliki gambaran terkait kesulitan yang dialami oleh mahasiswa tersebut. Tujuan: Penelitian tugas akhir ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesalahan-kesalahan umum apa yang muncul dalam pembelajaran pemodelan proses bisnis dengan BPMN. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk merumuskan solusi dari kesalahan umum tersebut yang dapat menjadi penekanan dalam pembelajaran BPMN kedepannya. Sehingga penelitian ini dapat menjadi rekomendasi bagi pengajar untuk perbaikan pembelajaran pemodelan proses bisnis. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian terkait kualitas sintaksis dan Good Modeling Practice terhadap BPMN. Pengambilan data dilakukan dengan menarik dokumen hasil pembelajaran pemodelan proses bisnis pada dua angkatan. Metode yang digunakan pada tugas akhir ini adalah analisis pada kualitas sintaksis dan Good Modeling Practice untuk mengidentifikasi kesalahan umum yang sering terjadi pada pembelajaran pemodelan proses bisnis. Penelitian ini dilakukan dengan mengadopsi penelitian yang dilakukan oleh Compagnucci et. al. pada tahun 2023 dan Rozman & Polančič pada tahun 2008. Hasil: Terdapat bagian dari pembelajaran pemodelan proses bisnis yang belum dipahami oleh mahasiswa. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan jumlah pelanggaran pada pengerjaan tugas dan UTS. Ditemukan pelanggaran yang sering dilakukan oleh mahasiswa. Pelanggaran tersebut melanggar aturan pada Good Modeling Practice dimana aturan yang paling banyak dilanggar adalah G2, G7, G9, G16, dan G23. Oleh karena itu, dosen disarankan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa dengan memberi penekanan pada kata kunci, aturan yang sering dilanggar, pelaksanaan latihan, pembentukan study buddy, pelaksanaan latihan UTS, dan penyamaan persepsi asisten dan dosen. Nilai Tambah: Penelitian Tugas Akhir ini dapat memberikan informasi terkait kesalahan-kesalahan umum yang sering terjadi pada pemodelan proses bisnis. Selain itu, penelitian ini memberikan rekomendasi kepada pengajar terkait perbaikan pembelajaran pemodelan proses bisnis. Perbaikan pembelajaran tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas hasil pembelajaran pemodelan proses bisnis
======================================================================================================================================
Context: Business process management is one of the efforts for companies to increase their competitiveness. To implement BPM optimally in a company, resources are needed that have capabilities in this field. The application of BPM is closely related to business process modeling. This makes learning business process modeling an important thing in BPM. Problem: In learning business process modeling, the teacher has provided teaching using the Business Process Model and Notation (BPMN) standard by referring to book references accompanied by modeling tutorials. However, the results of the evaluation of business process modeling learning in several parts have not shown maximum results. This shows that there are parts of business process modeling learning that students do not understand, but the instructor does not have an idea of the difficulties experienced by these students. Objective: This final project research aims to identify common mistakes that arise in learning business process modeling with BPMN. Apart from that, this research also aims to formulate solutions to these common mistakes which can be emphasized in future BPMN learning. So this research can be a recommendation for teachers to improve business process modeling learning. Method: This research is research related to syntactic quality and Good Modeling Practice for BPMN. Data collection was carried out by drawing on documents resulting from learning about business process modeling in two classes. The method used in this final assignment is analysis of syntactic quality and Good Modeling Practice to identify common errors that often occur in learning business process modeling. This research was conducted by adopting research conducted by Compagnucci et. al. in 2023 and Rozman & Polančič in 2008. Results: There are parts of learning business process modeling that students do not understand. This is evidenced by the increase in the number of violations in completing assignments and UTS. It was found that violations were often committed by students. This violation violates the rules of Good Modeling Practice where the rules most frequently violated are G2, G7, G9, G16, and G23. Therefore, lecturers are advised to increase students' understanding by emphasizing keywords, rules that are often violated, carrying out exercises, forming study buddies, carrying out UTS exercises, and equalizing the perceptions of assistants and lecturers. Added Value: This final project research can provide information regarding common errors that often occur in business process modeling. In addition, this research provides recommendations to teachers regarding improving business process modeling learning. This learning improvement is expected to improve the quality of business process modeling learning outcomes
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | BPMN, Kualitas Sintaksis, Good Modeling Practice, Pembelajaran Pemodelan Proses Bisnis, BPMN, Syntactic Quality, Good Modeling Practice, Business Process Modeling Learning |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.87 Reengineering (Management) Business process |
Divisions: | Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Farah Helga Az-Zahra |
Date Deposited: | 22 Jul 2024 01:29 |
Last Modified: | 22 Jul 2024 01:29 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/108561 |
Actions (login required)
View Item |