Pengukuran Kematangan dan Strategi Peningkatan Orientasi Proses Bisnis PT X Holding Group

Anjelita, Febina Mushen (2024) Pengukuran Kematangan dan Strategi Peningkatan Orientasi Proses Bisnis PT X Holding Group. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5026201098-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5026201098-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang: Setiap organisasi melibatkan proses bisnis dalam menjalankan operasionalnya yang memerlukan koordinasi dan terstruktur. Oleh karena itu, orientasi proses bisnis menjadi penting untuk mencapai tujuan bisnis. Perusahaan dengan orientasi proses bisnis cenderung memiliki kinerja yang lebih baik daripada yang tidak berorientasi proses. Meskipun demikian, penting bagi perusahaan untuk memahami sejauh mana mereka telah mengadopsi orientasi proses. Dalam hal ini, analisis kematangan orientasi proses bisnis dapat menjadi alat yang efektif untuk membantu mereka dalam evaluasi dan pengembangan strategi.
Permasalahan: PT X Holding Group sedang mengalami transformasi dengan mengintegrasikan tiga unit bisnisnya, PT A, PT B, dan PT C, menjadi satu perusahaan holding. Untuk mencapai hasil optimal, manajemen menyadari pentingnya memahami sejauh mana setiap unit bisnis telah mengadopsi orientasi proses dalam operasional mereka. Oleh karena itu, diperlukan arahan yang tepat agar semua unit bisnis sejalan dengan prinsip-prinsip berorientasi proses. Evaluasi tingkat kematangan proses bisnis yang ada dalam perusahaan menjadi langkah penting untuk mendukung efektivitas dan efisiensi dalam mencapai tujuan transformasi perusahaan.
Tujuan: Penelitian ini memiliki tujuan untuk menilai tingkat kematangan proses bisnis yang ada di PT X Holding Group, termasuk PT A, PT B, dan PT C. Dari nilai yang didapatkan akan dilakukan perbandingan kematangan proses bisnis di tiap perusahaan dan mengidentifikasi area yang memerlukan peningkatan dengan menghasilkan rekomendasi dari studi literatur yang ada.
Metode: Untuk menilai kematangan orientasi proses bisnis data yang didapatkan dengan melakukan wawancara kepada karyawan. Penelitian ini menggunakan Business Process Orientation Maturity Model (BPOMM) dengan menggunakan 9 area orientasi, yaitu strategic view, process definition and documentation, process measurement and management, process organizational structure, people management, process organizational culture, market orientation, the supplier view, dan information systems support. Hasil dari penilaian akan digolongkan menjadi 4 level, yaitu ad-hoc, define, linked, dan integrated.
Dari penilaian dengan BPOMM, diharapkan dapat diketahui tingkat kematangan orientasi proses bisnis yang dimiliki oleh perusahaan dan area mana saja yang teridentifikasi menjadi kelemahan perusahaan dan memerlukan peningkatan. Dengan menghasilkan rekomendasi untuk setiap perusahaan dalam meningkatkan proses bisnisnya.
Hasil: Hasil dari penelitian ini didapatkan nilai dan tingkat kematangan proses bisnis di PT X Holding Group. Untuk nilai kematangan di PT X Holding mendapatkan nilai sebesar 4,38, dan untuk anak-anak perusahaannya yaitu, PT A mendapatkan nilai sebesar 4,96, PT B mendapatkan nilai sebesar 5,10, dan PT C mendapatkan nilai sebesar 4,74. Dengan nilai tersebut, semua perusahaan di PT X Holding Group termasuk dengan anak perusahaannya berada pada tingkat 2 yaitu, Defined. Dan secara keseluruhan area-area yang masih memiliki nilai rendah berada pada area Information System Support dan Process Definition and Documentation.
=================================================================================================================================
Bakcground: Every organization involves business processes in running its operations that require coordination and structure. Therefore, business process orientation becomes important for achieving business goals. Companies with a business process orientation tend to have better performance than those that are not process oriented. Nonetheless, it is important for companies to understand the extent to which they have adopted a process orientation. In this case, business process orientation maturity analysis can be an effective tool to assist them in strategy evaluation and development.
Problem: PT X Holding Group is undergoing a significant transformation where the three previous business units, PT A, PT B, dan PT C, integrated into one holding company. Therefore, it is necessary to evaluate the maturity level of existing business processes in the company.
Purpose: This research aims to assess the level of maturity of existing business processes at PT X Holding Group, including PT A, PT B, and PT C. From the values obtained, a comparison of the maturity of business processes in each company will be carried out and areas that need improvement will be identified by producing recommendations from existing literature studies.
Methods: To assess the maturity of business process orientation, data will be obtained by distributing surveys to employees. This research uses the Business Process Orientation Maturity Model (BPOMM) using 9 orientation areas, namely strategic view, process definition and documentation, process measurement and management, process organizational structure, people management, process organizational culture, market orientation, the supplier view, and information systems support. The results of the assessment will be classified into 4 levels, namely ad-hoc, define, linked, and integrated.
The results of this study indicate the scores and maturity levels of the business processes at PT X Holding Group. The maturity score for PT X Holding is 4.38, while its subsidiaries scored as follows: PT A received a score of 4.96, PT B received a score of 5.10, and PT C received a score of 4.74. With these scores, all companies within including its subsidiaries, fall within Level 2, Defined. Overall, the areas that still have low scores are Information System Support and Process Definition and Documentation.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Proses Bisnis, Orientasi Proses Bisnis, Business Process Orientation Maturity Model, Rekomendasi, Business Process Orientation, Recommendation.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD31 Management--Evaluation
T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Febina Mushen Anjelita
Date Deposited: 23 Jul 2024 07:08
Last Modified: 23 Jul 2024 07:08
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/108655

Actions (login required)

View Item View Item