Perancangan Business Intelligence (BI) Dashboard dengan Memperhatikan User Experience Studi Kasus: Start-Up Layanan Pemesanan Lapangan Olahraga

Rosyidah, Zahro' Salma (2024) Perancangan Business Intelligence (BI) Dashboard dengan Memperhatikan User Experience Studi Kasus: Start-Up Layanan Pemesanan Lapangan Olahraga. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5010201164-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5010201164-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Perusahaan yang menjadi studi kasus dalam peneliltian ini merupakan start-up penyedia aplikasi mobile untuk pemesanan lapangan olahraga. Strategi pemasaran setiap lapangan ditetapkan oleh top manajemen perusahaan dengan menganalisa data transaksi lapangan untuk setiap periodenya. Hal ini menunjukkan bahwa data transaksi pengguna aplikasi merupakan hal yang krusial dalam menjalankan bisnis perusahaan. Saat ini, data-data transaksi keuangan pada aplikasi ini tersedia dalam Google Spreadsheet yang berisi value tanpa ada visualisasi yang mendukung. Selain itu, dashboard ini berada di file yang berbeda setiap bulannya. Hal ini menjadikan proses analisis informasi oleh manajemen perusahaan cukup sulit dilakukan. Ini dapat memengaruhi kualitas keputusan yang mana dapat berdampak buruk untuk jangka panjang perusahaan. Maka dari itu, pada penelitian ini akan dilakukan perancangan BI dashboard dengan mempertimbangkan user experience untuk menghasilkan tampilan dashboard yang sesuai dengan kebutuhan pengguna menggunakan metode design thinking dengan lima tahapan, yaitu emphatize, define, ideate, prototyping, dan testing. Keluhan dan kebutuhan karyawan dalam menggunakan BI dashboard didapatkan melalui proses wawancara, termasuk kebutuhan informasi dan preferensi desain. Kebutuhan ini diolah dan dianlisis untuk ditentukan solusinya yang tepat sebagai input dalam peranganan BI dashboard. Kemudian, prototipe BI dashboard dibuat menggunakan Google Looker Studio dan diuji dengan tiga task. Task ke-1, ke-2, dan ke-3 secara berurutan yaitu pencarian informasi terkait lapangan yang banyak di-booking oleh pengguna aplikasi, profit lapangan Felfest pada bulan September 2023, dan keputusan yang tepat atau tidak perusahaan menggunakan OVO sebagai metode pembayaran dalam aplikasi. Usability testing ini menghasilkan data kuantitatif completion time dan completion rate dan data kualitatif skor System Usability Scale (SUS) dan hasil Retrospective Think Aloud (RTA). Hasil pengujian yang didapatkan menunjukkan bahwa prototipe BI dashboard dapat diterima dan digunakan oleh perusahaan dengan rata-rata completion time task 1 dan 3 dibawah 10 detik serta skor SUS 77,11 yang mana termasuk kategori good. Hal ini juga didukung dengan pendapat responden pada sesi RTA bahwa rancangan BI dashboard sudah mudah digunakan dan interaktif. Finalisasi desain dilakukan pada beberapa aspek, yaitu tata letak diagram dan warna yang digunakan. Tata letak diagram disesuaikan dengan hasil RTA, yaitu diagram terkait keuangan perusahaan diletakkan di bagian atas halaman dan dibawahnya secara berurutan adalah diagram jumlah pemesanan lapangan, waktu pemesanan, dan peta wilayah lapangan. Selain itu, informasi summary data perusahaan diletakkan sejajar dengan diagram yang berkaitan. Perubahan warna dilakukan untuk mengikuti warna identitas perusahaan dan meningkatkan kontras di beberapa diagram.
====================================================================================================================================
The company that is the subject of this research is a start-up that provides a mobile application for booking sports fields. The marketing strategy for each field is determined by the company's top management by analyzing field transaction data for each period. This shows that application user transaction data is crucial in running the company's business. Currently, the financial transaction data on this application is available in a Google Spreadsheet that contains values without any supporting visualization. In addition, this dashboard is in a different file every month. This makes the process of analyzing information by company management quite difficult. This can affect the quality of decisions, which can have a negative impact on the long term of the company. Therefore, this research will design a BI dashboard by considering user experience to produce a dashboard display that suit user needs using the design thinking method with five stages, namely empathize, define, ideate, prototyping, and testing. Employee complaints and needs in using the BI dashboard were obtained through an wawancara process, including information needs and design preferences. These needs were processed and analyzed to determine the right solution as input in the BI dashboard development. Then, a BI dashboard prototype was created using Google Looker Studio and tested with three tasks. The 1st, 2nd, and 3rd tasks are sequentially searching for information related to fields that are heavily booked by application users, the profit of the Felfest field in September 2023, and the right decision or not the company uses OVO as a payment method in the application. This usability testing produces quantitative data on completion time and completion rate and qualitative data on System Usability Scale (SUS) scores and Retrospective Think Aloud (RTA) results. The test results obtained show that the BI dashboard prototype can be accepted and used by companies with an average completion time of tasks 1 and 3 under 10 seconds and an SUS score of 77.11 which is in the good category. This is also supported by respondents' opinions in the RTA session that the BI dashboard design is easy to use and interactive. Design finalization is carried out on several aspects, namely the diagram layout and the colors used. The diagram layout is adjusted to the results of the RTA, namely diagrams related to company finances are placed at the top of the page and below in sequence are diagrams of the number of field orders, order times, and maps of field areas. In addition, the company's summary data information is placed parallel to the related diagrams. Color changes were made to follow the company's identity color and increase contrast in some diagrams.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Business Intelligence Dashboard, User Experience, Design Thinking, Usability, System Usability Scale (SUS), Dasbor Intelijen Bisnis, Pengalaman Pengguna, Kegunaan
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T385 Visualization--Technique
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Zahro' Salma Rosyidah
Date Deposited: 25 Jul 2024 01:59
Last Modified: 25 Jul 2024 01:59
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/108775

Actions (login required)

View Item View Item