Instalasi Safety Device Cut Off Start Engine Cabin Dengan Metode Interlock System pada RTG 42 Konecranes di Terminal Petikemas (TPS)

Muhammad Alfatih, Sulthan (2023) Instalasi Safety Device Cut Off Start Engine Cabin Dengan Metode Interlock System pada RTG 42 Konecranes di Terminal Petikemas (TPS). Project Report. [s.n], [s.l.]. (Unpublished)

[thumbnail of 2038201080-Project_Report.pdf] Text
2038201080-Project_Report.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

RTG crane yang dipakai oleh PT Terminal Petikemas Surabaya menggunakan Diesel alternator sebagai suplai daya listrik yang berasal dari diesel engine yang merubah energi kimia bahan bakar menjadi energi mekanis, yang kemudian energi mekanik tersebut akan dikonversikan menjadi daya listrik oleh generator. System safety device engine adalah sistem untuk menjaga mesin utama dengan aman jika terjadi kerusakan pada sistem, Terutama dipasang di mesin ketika semua alarm dan trip gagal bekerja maka cara terakhir untuk menjaga mesin dan komponen dengan aman adalah perangkat keselamatan ini dipasang di mesin utama. Kerusakan akibat start engine from cabin disaat engine mati akibat fault emergency shutdown) berupa dinamo starter yang mengalami short dan aki yang drop. Penambahan relay ini bertujuan sebagai safety device engine dengan sistem interlock pada start engine dari kabin operator. Penambahan relay ini merupakan inovasi terhadap safety device engine untuk cut off start engine dengan sistem interlock ketika salah satu ataupun lebih indikator fault menyala. Instalasi relay cut off start engine dikatakan berhasil ketika alarm dari safety device menyala (fault), relay akan men-cut off start engine dari kabin operator.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: RTG crane,Diesel alternator, Suplai daya listrik Diesel engine Generator System safety device engine,Perangkat keselamatan,Emergency shutdown, Dinamo starter, Relay safety device engine
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ1363 Cranes, derricks, etc.
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ1398 Conveyors
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ223.P76 Programmable controllers
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ324.5 Fuel systems
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ797 Diesel motor--Fuel systems--Testing.
Divisions: Faculty of Vocational > Mechanical Industrial Engineering (D4)
Depositing User: Sulthan Muhammad Alfatih
Date Deposited: 24 Jul 2024 00:39
Last Modified: 24 Jul 2024 00:39
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/108790

Actions (login required)

View Item View Item