Analisa Kekuatan Gantry Overhead dengan Kapasitas 2,5 Ton PT Intan Global Sinergi

Dzaky, Muhammad Naufal (2023) Analisa Kekuatan Gantry Overhead dengan Kapasitas 2,5 Ton PT Intan Global Sinergi. Project Report. [s.n.], [s.l.]. (Unpublished)

[thumbnail of 2038201086_Project_Report.pdf] Text
2038201086_Project_Report.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Fabrikasi adalah suatu rangkaian pekerjaan dari beberapa komponen material baik berupa plat, pipa ataupun baja profil dirangkai dan dibentuk secara tahap demi tahap berdasarkan item-item tertentu hingga menjadi suatu bentuk yang dapat dipasang menjadi sebuah rangkaian alat produksi maupun konstruksi. Dengan perkembangan didunia industri 4.0 ini banyak mengalami perubahan dimana semua fabrikasi sudah mulai menggunakan teknologi terbaru dimana teknologi lama sudah mulai ditinggalkan dan pada era saat ini teknologi modern sudah mulai diterapkan dimana ketepatan pengerjaan lebih akurat dan toleransi kesalahan menjadi lebih kecil. Pada era sekarang banyak orang yang sudah menerapkan beberapa Teknik dalam pengerjaan material dan tidak sembarangan pada pengerjaan alat untuk menjadikan barang yang hasil ketelitiannya 1-3 mm bahkan sampai mendekati 0 jika menerapkan cara pada industri 4.0 cara yang digunakan pada industri sekarang lebih maju bahkan bisa mempercepat produksi tidak membutuh kan waktu yang lama dalam prosesnya. Aplikasi yang digunakan pada Industri ini Auto CAD, SolidWork dan Inventor dimana dengan penggunaan ini sangat mempermudah pengerjaan tidak perlu untuk mengira dalam hal perhitungan dan hasilnya lebih pasti akurat. Banyak hal yang bisa dilakukan pada aplikasi ini dari menggambar dan mendesain sampai mensimulasikan dari kekuatan bahan yang digunakan sangat luas dengan aplikasi ini kita dapat dipermudahkan dalam semua hal fabrikasi dikarenakan dapat menentukan dari bahan yang digunakan sampai ukuran skala yang diinginkan sesuai permintaan. Dalam proses pengolahan dari bahan baku Material Plat Besi menjadi Boiler diperlukan Proses yang cukup Panjang Dikarenakan Proses yang cukup panajang maka dibutuhkan perancangan yang sangat matang agar hasil dari pengerjaan Plat Besi tidak Membuang Waktu dan juga membuang waktu jika hasil alat yang dibuat tidak sesuai spesifikasi, maka PT Intan Global Sinergi memilik Standart khusus dimana harus ada pengecekan dari awalbarang mentah sampai barang jadi dimana dengan dilakukan ini sangat meminimalisirkan adanya kesalahan dalam pengerjaan Dalam proses pengolahan Material Besi sampai menjadi Boiler, diperlukan alat yang memadai untuk mempermudah dalam pengerjaan beragam equipment yang digunakan seperti mesin las, cutting plasma dan masin bubut yang berperan dalam proses pada fabrikasi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Gantry , Pesawat Pengangkat , Simulasi
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS176 Manufacturing engineering. Process engineering (Including manufacturing planning, production planning)
Divisions: Faculty of Vocational > Mechanical Industrial Engineering (D4)
Depositing User: MUHAMMAD NAUFAL DZAKY
Date Deposited: 25 Jul 2024 04:53
Last Modified: 25 Jul 2024 04:53
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/108828

Actions (login required)

View Item View Item