Pengaruh Karakteristik CEO (Gender Dan Pendidikan) Terhadap Kemampuan Manajerial Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI))

Ramadhan, Aditya Fajar (2024) Pengaruh Karakteristik CEO (Gender Dan Pendidikan) Terhadap Kemampuan Manajerial Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI)). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5031201031_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5031201031_Undergraduate_Thesis.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Menaiknya implementasi kemampuan manajerial oleh perusahaan di era globalisasi saat ini mencerminkan komitmen mereka untuk menghadapi tantangan dan peluang dalam pasar global yang terus berkembang. Perihal ini dapat diamati melalui strategi bisnis yang responsif kepada perubahan pasar, pengembangan kepemimpinan global, serta fokus pada inovasi dan penelitian pasar global untuk memahami kebutuhan konsumen yang beragam. Di samping itu, terdapat peningkatan gender perempuan di Indonesia. Perkembangan kemampuan manajerial di perusahaan dikaitkan dengan karakteristik CEO. Riset sebelumnya menampilkan yaitu seiring menaiknya CEO gender perempuan, pengambilan keputusan menaik yang bisa menyebabkan keuntungan bagi pemegang saham perusahaan. Beberapa studi telah menampilkan pengaruh positif dari karakteristik CEO terhadap kemampuan manajerial di perusahaan. Sebab itu, studi ini tujuannya untuk lebih lanjut menganalisis dan mengkonfirmasi dampak karakteristik CEO terhadap kemampuan manajerial. Populasi di studi ini yaitu 825 perusahaan non-keuangan yang terdaftarkan BEI di sepanjang 2018 hingga 2022. Data di studi ini dianalisis dengan mempergunakan teknik regresi data panel dan pendekatan Fixed Effect Model (FEM) bermetodekan Generalized Least Square (GLS). Hasil studi menampilkan yaitu CEO education berdampak kepada kemampuan manajerial, sedangkan CEO gender tidak berdampak kepada kemampuan manajerial. Perihal ini terjalin karena budaya patriarki dan tradisi yang masih melekat di Indonesia sehingga menjadi hambatan bagi partisipasi wanita saat penetapan keputusan perusahaan. Hasil studi ini dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi perusahaan dalam menerapkan pentingnya manajemen yang efektif untuk mendorong perusahaan dalam mengembangkan budaya dan tradisi yang melekat di Indonesia. Sehingga, perihal ini tujuannya untuk tidak memperhambat partisipasi wanita dalam top management untuk bersumbangsih saat penetapan keputusan perusahaan.
===================================================================================================================================
The increasing implementation of managerial capabilities by companies in the current era of globalization reflects their commitment to facing challenges and opportunities in the everevolving global market. This can be observed through business strategies that are responsive to market changes, the development of global leadership, and a focus on innovation and global market research to understand diverse consumer needs. Additionally, there has been an increase in the number of women in Indonesia. The development of managerial capabilities in companies is associated with the characteristics of CEOs. Previous research indicates that as the number of female CEOs increases, decision-making improves, which can lead to benefits for shareholders. Several studies have shown the positive influence of CEO characteristics on managerial capabilities in companies. Therefore, this research aims to further analyze and confirm the impact of CEO characteristics on managerial capabilities. The population in this study consists of 825 non financial companies listed on the Indonesia Stock Exchange from 2018 to 2022. Data in this study are analyzed using panel data regression techniques and the Fixed Effect Model (FEM) approach with the Generalized Least Square (GLS) method. The results show that CEO education affects managerial capabilities, while CEO gender does not. This is because patriarchal culture and traditions still prevail in Indonesia, posing barriers to women's participation in corporate decision making. The findings of this research can be considered by companies in emphasizing the importance of effective management to encourage the development of culture and traditions inherent in Indonesia. Thus, the aim is to not hinder women's participation in top management to contribute to corporate decision-making.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Manajerial, Gender CEO, Pendidikan CEO Managerial Ability, CEO Gender, CEO Education
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HG Finance > HG3751 Credit--Management.
Divisions: Faculty of Business and Management Technology > Business Management > 61205-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Aditya Fajar Ramadhan
Date Deposited: 26 Jul 2024 01:48
Last Modified: 26 Jul 2024 01:48
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/108953

Actions (login required)

View Item View Item