Perbandingan Cara Kerja dan Hasil Alignment Metode Face and Rim Dial Indikator Dengan Metode Laser Alignment (Rotalign Ultra) pada Motor Belt Conveyor 511BC05 PT. Semen Gresik (PERSERO)

Herlambang, Figo (2024) Perbandingan Cara Kerja dan Hasil Alignment Metode Face and Rim Dial Indikator Dengan Metode Laser Alignment (Rotalign Ultra) pada Motor Belt Conveyor 511BC05 PT. Semen Gresik (PERSERO). Project Report. [s.n], [s.l.]. (Unpublished)

[thumbnail of 2038211041_Project Report.pdf] Text
2038211041_Project Report.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan cara perawatan dan pembacaan data alignment dengan dua metode pada shaft motor belt Conveyor. Dua metode alignment yang digunakan yaitu metode face and rim dial indikator dan metode laser alignment (rotalign ultra). Agar mendapatkan hasil kesejajaran antara motor dan pompa dengan dengan hasil yang sangat baik yang akan bekerja secara optimal, memperpanjang umur mesin, dan mengurangi beban operasional maka perlu nilai dari kesejajaran mendekati dengan “0”. Rekomendasi yang diberikan sebaiknya dilakukan proses alignment motor menggunakan laser alignment (Rotalign Ultra) dikarenakan dengan alat ini memiliki hasil yang akurat ketelitiannya 0.001 mm sedangkan dial indikator 0.01 mm. Selain itu juga data yang dihasilkan dari kedua alat tersebut mempunyai selisih 0.4-0.7 mm menunjukkan keunggulan laser alignment. Hal ini membuktikan bahwa dalam laser alignment (Rotalign Ultra) akan menghasilkan penghematan biaya, meningkatkan produktivitas, dan memperpanjang umur mesin.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: perawatan mesin, alignment, dial indikator, laser alignment machine maintenance, alignment dial indicator, laser alignment
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA355 Vibration.
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ174 Maintenance and repair of machinery
Divisions: Faculty of Vocational > Mechanical Industrial Engineering (D4)
Depositing User: Figo Herlambang
Date Deposited: 24 Jul 2024 23:59
Last Modified: 24 Jul 2024 23:59
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/109049

Actions (login required)

View Item View Item