Pramesti, Arina (2024) Analisis Berbagai Hubungan Contributing Factor Kecelakaan Lalu Lintas Sepeda Motor Di Kota Kecil Indonesia Dengan Pendekatan Uji Cramer’s V. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
5010201025-Undergraduate_Thesis .pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 October 2026. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Faktor kecelakaan lalu lintas bisa memiliki keterkaitan dengan faktor lainnya, faktor penyebab kecelakaan lalu lintas antara lain yaitu faktor lingkungan, faktor manusia, faktor kendaraan serta faktor kondisi jalan. Penelitian ini mengakses mengenai informasi tentang kronologi kejadian kecelakaan lalu lintas pada pengendara sepeda motor yang ada pada salah satu kota kecil di Indonesia yakni Kabupaten Ciamis. Oleh karena itu diperlukan analisis untuk mengetahui keterkaitan antara satu faktor dengan faktor lainnya. Pada penelitian ini dilakukan pengodean terhadap faktor yang berkontribusi terhadap kecelakaan lalu lintas yang melibatkan sepeda motor. Faktor tersebut meliputi obyek yang terlibat, hari, jam, korban, cuaca, posisi tabrakan, road condition, pre-crash, crash, traffic errors, control errors, speed violations, safety violations, traffic violations, dan stunt. Pengodean terhadap informasi yang ada di data kronologis merupakan tahapan dalam pengolahan data untuk mendapatkan frekuensi kejadian masing-masing faktor. Uji statistik Chi-Square dan Cramer’s V digunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui hubungan keterkaitan dan kekuatan hubungan antar faktor. Hubungan kuat antara dua faktor ditunjukkan dengan nilai Cramer’s V di atas 0,35. Hasil pengolahan terhadap 281 data menunjukkan bahwa 12 hubungan antar faktor yang signifikan dan kuat, yaitu obyek yang terlibat dengan posisi tabrakan 0,492, Obyek yang terlibat dengan Traffic Error 0,390, Obyek yang terlibat dengan Control Error 0,364, Posisi Tabrakan dengan Traffic Error 0,452, Posisi Tabrakan dengan Control Error 0,432, Road Condition dengan Control Error 0,471, Road Condition dengan Speed Violation 0,777, Traffic Error dengan Control Error 0,372, Traffic Error dengan Traffic Violation 0,430, Control Error dengan Speed Violation 0,497, Posisi tabrakan dengan Crash 0,373. Upaya yang dilakukan untuk meminimalisir kecelakaan lalu lintas yang diberikan yakni dengan melakukan Pendidikan masyarakat terhadap lalu lintas, penanaman nilai kepada masyarakat mengenai ketertiban lalu lintas, memberikan sanksi untuk pelanggar lalu lintas, perbaikan jalan yang sudah rusak berat.
=====================================================================================================================================
The factors of traffic accidents can be related to other factors, including environmental factors, human factors, vehicle factors, and road conditions. This study accesses information about the chronology of traffic accidents involving motorcycle riders in a small town in Indonesia, namely Ciamis Regency. Therefore, an analysis is needed to determine the relationship between one factor and another. In this study, coding was carried out on the factors contributing to traffic accidents involving motorcycles. These factors include the objects involved, day, time, victims, weather, collision position, road condition, pre-crash, crash, traffic errors, control errors, speed violations, safety violations, traffic violations, and stunts. Coding the information in the chronological data is a step in data processing to obtain the frequency of each factor's occurrence. The Chi-Square and Cramer's V statistical tests were used in this study to determine the relationship and strength of the relationship between factors. A strong relationship between two factors is indicated by a Cramer's V value above 0.35. The results of processing 281 data showed that 12 relationships between factors were significant and strong, namely the objects involved with the collision position 0.492, objects involved with traffic errors 0.390, objects involved with control errors 0.364, collision position with traffic errors 0.452, collision position with control errors 0.432, road condition with control errors 0.471, road condition with speed violations 0.777, traffic errors with control errors 0.372, traffic errors with traffic violations 0.430, control errors with speed violations 0.497, collision position with crash 0.373. Efforts to minimize traffic accidents include providing traffic education to the community, instilling traffic order values in the community, imposing sanctions on traffic violators, and repairing severely damaged roads.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motorcycle accidents, Contributing Factors, Small Towns, Coding, Cramer's V. Kecelakaan sepeda motor, Faktor penyebab (Contributing Factor), Kota Kecil, Pengodean, Cramer’s V |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE5614.2 Traffic safety H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE5614.3.N5 Traffic accidents |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Arina Pramesti |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 02:13 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 02:13 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/109326 |
Actions (login required)
View Item |