Analisis Efektifitas Program Magang dalam Pendidikan: Studi Kasus Program Magang PT United Tractors Tbk

Prastiwi, Aprilia Dwi (2024) Analisis Efektifitas Program Magang dalam Pendidikan: Studi Kasus Program Magang PT United Tractors Tbk. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5033201034-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5033201034-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan berkelanjutan menjadi kunci utama dalam meningkatkan kualitas generasi masa depan. Salah satu pendekatan yang signifikan dalam mencapai tujuan ini adalah melalui program magang yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor utama yang mempengaruhi kinerja peserta magang serta mengevaluasi efektivitas program magang di PT United Tractors Tbk, salah satu mitra program Magang Kampus Merdeka oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Variabel bebas yang diteliti meliputi Motivasi Kerja (X1), Fasilitas Kerja (X2), dan variabel terikatnya adalah Kinerja (Y). Data yang diperoleh dari partisipan magang dan pengelola program dianalisis menggunakan Analisis Faktor untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tujuh faktor utama yang signifikan dalam mempengaruhi kinerja peserta magang yang menjelaskan total varians sebesar 68,917%. Faktor-faktor utama ini meliputi Pengembangan Diri dan Profesional, Eksplorasi dan Penghargaan Prestasi, serta Kondisi dan Fasilitas Lingkungan Kerja. Temuan ini menunjukkan bahwa keberhasilan program magang sangat bergantung pada pengembangan keterampilan, penghargaan atas prestasi, dan penciptaan lingkungan kerja yang kondusif. Hal ini merupakan wujud dari pendidikan berkelanjutan yang bertujuan untuk mempersiapkan generasi yang kompeten di masa mendatang.
====================================================================================================================================
Continuous education is the key to enhancing the quality of future generations. One significant approach to achieving this goal is through effective internship programs. This study aims to identify the key factors influencing the performance of interns and evaluate the effectiveness of the internship program at PT United Tractors Tbk, a partner in the Kampus Merdeka Internship Program by the Indonesian Ministry of Education and Culture. The independent variables studied include Work Motivation (X1), Work Facilities (X2), and Performance (Y) as the dependent variable. Data collected from internship participants and program managers were analyzed using Factor Analysis to identify significant factors. The research findings indicate seven key factors that significantly influence intern performance, explaining a total variance of 68.917%. These key factors include Self and Professional Development, Exploration and Recognition of Achievement, and Working Environment and Facilities. These findings suggest that the success of internship programs heavily relies on skill development, recognition of achievements, and the creation of a conducive working environment. This represents a form of continuous education aimed at preparing competent future generations.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Berkelanjutan, Program Magang, Motivasi, Fasilitas, Kepuasan, Kinerja, Continuing Education, Internship Program, Motivation, Facilities, Satisfaction, Performance.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Developmental Studies > 60201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Aprilia Dwi Prastiwi
Date Deposited: 02 Aug 2024 03:48
Last Modified: 02 Aug 2024 03:48
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/109376

Actions (login required)

View Item View Item