Perancangan Sistem Pengereman Regeneratif untuk Mengisi Baterai pada Kereta Rel Diesel-Elektrik (KRDE)

Putra, Muhammad Faiz Sinatrya (2024) Perancangan Sistem Pengereman Regeneratif untuk Mengisi Baterai pada Kereta Rel Diesel-Elektrik (KRDE). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5009201013_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5009201013_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Manusia membutuhkan alat transportasi untuk melakukan mobilisasi seiring pertumbuhan populasi. Salah satu alat transportasi publik yang digunakan manusia untuk mengurangi peningkatan bahan bakar fosil adalah kereta api. Diantara semua jenis transportasi kereta api, utamanya kereta rel diesel-elektrik (KRDE), merupakan jenis transportasi umum
yang mampu meningkatkan efisiensi energi dengan penerapan sistem pengereman regeneratif. Permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan melakukan perancangan sistem pengereman
regeneratif pada operasi kereta rel diesel-elektrik, dengan mempertimbangkan pada skema kontrol yang ada pada simulasi. Kereta melakukan akselerasi selama 240 detik dengan set point kecepatan sebesar 100 km/h. Kereta melakukan deselerasi selama 60 detik dengan set point kecepatan menjadi 0 km/h. Simulasi ini dilakukan secara berulang, dan total waktu simulasi diatur selama 1000 detik. Hasil perancangan sistem pengereman regeneratif dengan baterai
memberikan hasil daya yang meningkat pada saat dilakukan pengereman yaitu sebesar 0.05 kW, dari hasil perancangan sistem pengereman ini didapatkan nilai efisiensi pengereman
regeneratif adalah sebesar 13.55%. Hasil analisis perhitungan SoC membuktikan bahwa perancangan sistem pengereman regeneratif terhadap baterai membuktikan bahwa terdapat peningkatan baterai sebesar 0.53% dari hasil satu kali siklus pengereman yang di lakukan. Hal ini menunjukkan terjadi perubahan daya baterai yang sebelumnya initial State of Charge-nya sebesar 40% menjadi 40.53%.
============================================================
Humans need transportation to mobilize as the population grows. One of the means of public transportation used by humans to reduce the increase in fossil fuels is the train. Among all types of rail transportation, especially kereta rel diesel-elektrik (KRDE), is a type of public transportation that is able to increase energy efficiency by implementing a regenerative braking system. The problem can be solved by designing a regenerative braking system for dieselelectric rail train operation, considering the control scheme in the simulation. The train accelerates for 240 seconds with a set point speed of 100 km/h. The train decelerates for 60 seconds with a set point speed of 0 km/h. This simulation is performed repeatedly, and the total simulation time is set for 1000 seconds. The results of the design of the regenerative braking system with a battery provide increased power results when braking which is 0.05 kW, from the results of the design of this braking system obtained the regenerative braking efficiency value is 13.55%. The results of the SoC calculation analysis prove that the design of the regenerative braking system on the battery proves that there is an increase in the battery by
0.53% from the results of one braking cycle performed. This shows that there is a change in battery power from the initial State of Charge of 40% to 40.53%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Baterai, Kereta Rel Diesel-Elektrik, Pengereman Regeneratif, SoC, Battery, Kereta Rel Diesel-Elektrik, Regenerative Braking, SoC
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T11 Technical writing. Scientific Writing
T Technology > T Technology (General) > T57.62 Simulation
T Technology > T Technology (General) > T57.83 Dynamic programming
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Physics Engineering > 30201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Muhammad Faiz Sinatrya Putra
Date Deposited: 07 Aug 2024 22:03
Last Modified: 07 Aug 2024 22:03
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/109430

Actions (login required)

View Item View Item