Analisis Laju Sedimentasi di Pelabuhan Royoq (Kutai Barat, Kalimantan Timur) dengan Pemodelan Hidrodinamika

Febriani, Farida Nur (2024) Analisis Laju Sedimentasi di Pelabuhan Royoq (Kutai Barat, Kalimantan Timur) dengan Pemodelan Hidrodinamika. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5016201050-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5016201050-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Sedimentasi di area pelabuhan dapat berdampak signifikan terhadap operasional pelabuhan dan keselamatan pelayaran. Penumpukan material sedimen di area pelabuhan dapat menyebabkan penurunan kedalaman, sehingga membatasi ukuran kapal yang dapat masuk ke pelabuhan. Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi laju sedimentasi pada area Pelabuhan Royoq serta menganalisis perubahan morfologi area Pelabuhan Royoq selama enam bulan. Metode penelitian yang digunakan adalah pemodelan hidrodinamika dengan dasar persamaan kontinuitas dan persamaan momentum menggunakan Delft3D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan pelabuhan menyebabkan perubahan arah arus dan penurunan kecepatan arus yang signifikan hingga 0,5 m/s di sisi barat dan 0,2 m/s di sisi timur, serta peningkatan kecepatan arus pada utara pelabuhan hingga mencapai 1,4 m/s. Fenomena ini memicu terbentuknya zona stagnasi yang meningkatkan risiko sedimentasi pada area Pelabuhan Royoq. Besaran nilai beban sedimentasi berdasarkan simulasi selama enam bulan di barat pelabuhan yaitu berkisar antara 0,01 m hingga 0,2 m. Sementara itu, di timur pelabuhan berkisar antara 0,002 m hingga 0,4 m. Pada utara pelabuhan mengindikasikan erosi dengan nilai yang mencapai 0,03 m. Nilai ketebalan sedimen di area timur pelabuhan royoq berkisar 0,8 m/tahun dan di barat pelabuhan berkisar 0,4 m/tahun. Berdasarkan pengolahan volume sedimentasi dari luasan area dan ketebalan sedimen yang terjadi maka didapatkan nilai laju sedimentasi selama satu tahun yaitu pada barat pelabuhan sebesar 5,49 m³/tahun dan pada timur pelabuhan sebesar 96,3 m³/tahun. Untuk menjaga keamanan dan kelancaran operasional pelabuhan, disarankan untuk melakukan pemantauan rutin terhadap kedalaman perairan dan melakukan pengerukan sedimen jika diperlukan.

====================================================================================================================================

Sedimentation in port areas can significantly impact port operations and shipping safety. The accumulation of sediment material in the Port area can cause a decrease in depth, limiting the size of ships that can enter the port. This study aims to predict the sedimentation rate in the Royoq Port area and analyze the morphological changes of the Royoq Port area for six months. The research method used is hydrodynamic modelling with Delft3D. The results showed that the presence of the Port caused a change in current direction and a significant decrease in current velocity to 0.5 m/s on the west side and 0.2 m/s on the east side, as well as an increase in current velocity north of the Port to reach 1.4 m/s. This phenomenon triggers the formation of stagnation zones that increase the risk of sedimentation in the Port area. The magnitude of the sedimentation load value based on a six-month simulation in the west of the port ranges from 0.01 m to 0.2 m. Meanwhile, it ranges from 0.002 m to 0.4 m in the east of the port. North of the port indicates erosion with a value that reaches 0.03 m. The sediment thickness value in the east area of Royoq Port ranges from 0.8 m/year, and in the west of the port ranges from 0.4 m/year. Based on the processing of sedimentation volume from the area and thickness of sediment that occurs, the sedimentation rate value for one year is obtained in the west of the port of 5.49 m³ / year and in the east of the port of 96.3 m³ / year. To maintain the safety and smooth operation of the port, it is recommended that regular monitoring of the water depth and dredge sediments be conducted if necessary.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Arus, Delft3D, Pemodelan Hidrodinamika, Sedimentasi, Sungai Delft3D, Flow, Hydrodynamic Modeling, River, Sedimentation
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC175.2 Sediment transport
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Geomatics Engineering > 29202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Farida Nur Febriani
Date Deposited: 30 Jul 2024 03:37
Last Modified: 30 Jul 2024 03:37
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/109476

Actions (login required)

View Item View Item