PERANCANGAN MODEL TATA KELOLA KETERSEDIAAN LAYANAN KEPEGAWAIAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT PADA BADAN KEPEGAWAIAN DAN DIKLAT KOTA SURABAYA

ATMAJA, OKY YANUAR KUSUMA (2014) PERANCANGAN MODEL TATA KELOLA KETERSEDIAAN LAYANAN KEPEGAWAIAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT PADA BADAN KEPEGAWAIAN DAN DIKLAT KOTA SURABAYA. Masters thesis, INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER.

[thumbnail of 9109205508-master thesis.pdf] Text
9109205508-master thesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Badan Kepegawian dan Diklat (BKD) Kota Surabaya adalah suatu perangkat
daerah yang mempunyai tugas untuk mengelola dan meningkatkan sumber daya
aparatur di Pemerintah Kota Surabaya. Namun dalam penggunaan teknologi
informasi masih belum berjalan optimal dalam mendukung tujuan bisnis BKD Kota
Surabaya. Pada penelitian ini akan mengevaluasi Tata Kelola TI (IT Governance)
BKD Kota Surabaya dengan menggunakan COBIT (Control Objectives for
Information and Related Technology).
Pada tahap awal, dilakukan identifikasi permasalahan untuk menentukan
control objective yang akan dipilih sebagai fokus pembahasan yaitu ketersediaan
layanan TI. Diperoleh 4 proses TI, yaitu DS3 (manage performance and capacity),
DS4 (ensure continuous service), DS8 (manage service desk and incidents), dan
DS13 (Manage operations). Karena keterbatasan sumber daya, penelitian ini
difokuskan pada salah satu control objectives dengan memilih menggunakan
metode AHP (Analitic Heirarchy Process), sehingga terpilih control objectives
DS4 yang merupakan hasil kuisioner yang ingin diteliti lebih jauh. Tahap
selanjutnya dilakukan pengukuran tingkat kematangan (maturity level) setiap
atribut pada DS4 dan didapatkan hasil analisa data tingkat kematangan saat ini (as
is) dan tingkat kematangan yang diharapkan (to be), namun sebelumnya data
kuisioner tersebut diuji reliabiliatas dan validitas data, untuk mengetahui seberapa
konsisten data kuisioner yang ada.
Dari hasil pengukuran tingkat kematangan dapat suatu gap antara kondisi saat
ini (as is) dengan tingkat ketersediaan layanan seperti apa yang diharapkan. Dari
hasil ini disusun rekomendasi strategi perbaikan dengan langkah-langkah yaitu
mendefinisian tindakan perbaikan, mendefinisikan indikator dan target tingkat
kinerja, dan rencana aksi terkait ketersediaan layanan TI yang nantinya dapat
menjadi panduan untuk diterapkan di BKD Kota Surabaya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTMT 004 Atm p
Uncontrolled Keywords: COBIT , Ketersediaan Layanan, BKD Kota Surabaya, Tata kelola TI.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science. EDP
Divisions: 61101-Magister Management Technology
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2016 08:06
Last Modified: 19 Dec 2016 08:06
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/1097

Actions (login required)

View Item View Item