PERANCANGAN MODEL TATA KELOLA KETERSEDIAAN LAYANAN KEPEGAWAIAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT PADA BADAN KEPEGAWAIAN DAN DIKLAT KOTA SURABAYA

ATMAJA, OKY YANUAR KUSUMA (2014) PERANCANGAN MODEL TATA KELOLA KETERSEDIAAN LAYANAN KEPEGAWAIAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT PADA BADAN KEPEGAWAIAN DAN DIKLAT KOTA SURABAYA. Masters thesis, INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER.

[img] Text
9109205508-master thesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Badan Kepegawian dan Diklat (BKD) Kota Surabaya adalah suatu perangkat daerah yang mempunyai tugas untuk mengelola dan meningkatkan sumber daya aparatur di Pemerintah Kota Surabaya. Namun dalam penggunaan teknologi informasi masih belum berjalan optimal dalam mendukung tujuan bisnis BKD Kota Surabaya. Pada penelitian ini akan mengevaluasi Tata Kelola TI (IT Governance) BKD Kota Surabaya dengan menggunakan COBIT (Control Objectives for Information and Related Technology). Pada tahap awal, dilakukan identifikasi permasalahan untuk menentukan control objective yang akan dipilih sebagai fokus pembahasan yaitu ketersediaan layanan TI. Diperoleh 4 proses TI, yaitu DS3 (manage performance and capacity), DS4 (ensure continuous service), DS8 (manage service desk and incidents), dan DS13 (Manage operations). Karena keterbatasan sumber daya, penelitian ini difokuskan pada salah satu control objectives dengan memilih menggunakan metode AHP (Analitic Heirarchy Process), sehingga terpilih control objectives DS4 yang merupakan hasil kuisioner yang ingin diteliti lebih jauh. Tahap selanjutnya dilakukan pengukuran tingkat kematangan (maturity level) setiap atribut pada DS4 dan didapatkan hasil analisa data tingkat kematangan saat ini (as is) dan tingkat kematangan yang diharapkan (to be), namun sebelumnya data kuisioner tersebut diuji reliabiliatas dan validitas data, untuk mengetahui seberapa konsisten data kuisioner yang ada. Dari hasil pengukuran tingkat kematangan dapat suatu gap antara kondisi saat ini (as is) dengan tingkat ketersediaan layanan seperti apa yang diharapkan. Dari hasil ini disusun rekomendasi strategi perbaikan dengan langkah-langkah yaitu mendefinisian tindakan perbaikan, mendefinisikan indikator dan target tingkat kinerja, dan rencana aksi terkait ketersediaan layanan TI yang nantinya dapat menjadi panduan untuk diterapkan di BKD Kota Surabaya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTMT 004 Atm p
Uncontrolled Keywords: COBIT , Ketersediaan Layanan, BKD Kota Surabaya, Tata kelola TI.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Magister Management Technology
Depositing User: Mrs Ansi Aflacha
Date Deposited: 19 Dec 2016 08:06
Last Modified: 19 Dec 2016 08:06
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/1097

Actions (login required)

View Item View Item