Rancang Bangun EMS Untuk Sistem Daya Hybrid Fuel Cell Baterai Superkapasitor Pada Kendaraan Roda Dua Menggunakan State Machine Control

Rahman, Taufiqul (2024) Rancang Bangun EMS Untuk Sistem Daya Hybrid Fuel Cell Baterai Superkapasitor Pada Kendaraan Roda Dua Menggunakan State Machine Control. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5009201040-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5009201040-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Permintaan transportasi yang meningkat dan elektrifikasi kendaraan mendorong inovasi teknologi di Indonesia. Pemerintah menargetkan 2 juta mobil listrik dan 13 juta motor listrik pada tahun 2030. Penggunaan energi terbarukan meningkat, dengan sepeda motor listrik tumbuh 15 kali lipat dari 2020 hingga 2022. Menurut BPS 2022, sepeda motor mendominasi pasar dengan 125 juta sepeda motor ICE dari total 148 juta kendaraan, dan 22 ribu sepeda motor listrik dari total 33 ribu kendaraan listrik. Ini menegaskan pentingnya sepeda motor sebagai alat transportasi utama di Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan sistem manajemen energi (EMS) pada kendaraan roda dua dengan sistem daya hybrid menggunakan metode State Machine Control (SMC) dan histeresis digunakan untuk mengoptimalkan distribusi daya berdasarkan input beban (Pload) dan State of Charge (SOC) baterai. Pengujian performansi menggunakan siklus mengemudi NEDC selama 285 detik menunjukkan hybrid SMC lebih baik dalam mempertahankan SOC baterai dan mengurangi energi kumulatif dibandingkan dengan baterai ke beban langsung. Pada hybrid SMC, SOC baterai turun dari 89% ke 88%, arus puncak baterai 13 A, tegangan turun dari 40.7 V ke 39.7 V, dan energi kumulatif 2.54 Wh. Pada baterai ke beban langsung, SOC baterai turun dari 89% ke 85%, arus puncak baterai 15 A, tegangan turun dari 40.7 V ke 39.1 V, dan energi kumulatif 3.98 Wh. EMS berbasis SMC diharapkan mendukung diversifikasi teknologi kendaraan listrik dan penggunaan baterai dan fuel cell sebagai sumber tenaga listrik berkelanjutan, serta mendukung inisiatif perkembangan dalam mencapai target adopsi kendaraan listrik yang lebih luas di Indonesia.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Baterai, fuel cell, kendaraan roda dua, State Machine Control (SMC), State of Charge (SOC).
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ808 Renewable energy sources. Energy harvesting.
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2931 Fuel cells
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Physics Engineering > 30201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Taufiqul Rahman
Date Deposited: 06 Aug 2024 01:29
Last Modified: 06 Aug 2024 01:29
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/109956

Actions (login required)

View Item View Item