Analisis Produk Sunscreen di Bidang Kosmetik sebagai Diversifikasi Produk VCO

Dewi, Ni Kadek Cinthya Bandinithya (2024) Analisis Produk Sunscreen di Bidang Kosmetik sebagai Diversifikasi Produk VCO. Masters thesis, Insitut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6010221039-Master_Thesis.pdf] Text
6010221039-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Virgin Coconut Oil (VCO) adalah produk alami yang diperoleh melalui proses ekstraksi dari kelapa segar. VCO memiliki kandungan nutrisi dan sifat-sifat yang bermanfaat dalam perawatan kulit dan rambut. Namun, penggunaan VCO dalam industri kosmetik masih terbatas sedangkan permintaan akan produk alami semakin meningkat dengan kesadaran konsumen mengenai kesehatan kulit. Hal ini mendasari mengapa diperlukan pengembangan diversifikasi terhadap produk VCO untuk menciptakan sebuah produk kosmetik inovatif dengan bahan utama VCO. Salah satu produk kosmetik yang wajib digunakan adalah sunscreen. Sunscreen bermanfaat untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari ketika melakukan aktifitas diluar ruangan. Proses diversifikasi produk memerlukan kajian berupa kelayakan investasi baik pada aspek finansial maupun non finansial. Pengelolaan risiko juga diperlukan untuk selama proses pengembangan produk agar risiko yang mungkin terjadi dapat dikelola dengan baik. Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran yang komprehensif mengenai pengembangan diversifikasi VCO di bidang kosmetik yang menggabungkan aspek finansial dan non finansial serta upaya mitigasi risiko yang teridentifikasi. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan praktis bagi UMKM VCO dalam mengembangkan produk kosmetik serta mengelola risiko yang terkait dengan produksinya. Penerapan strategi pengembangan produk yang kompetitif dan manajemen risiko yang efektif diharapkan dapat meningkatkan daya saing dan keberlanjutan UMKM VCO di pasar yang semakin kompetitif. Berdasarkan proyeksi finansial yang dilakukan, ide pengembangan produk VCO untuk kosmetik ini menunjukan bahwa terdapat penambahan value sebesar Rp 91.513.829, WACC sebesar 17 %, Internal Rate of Return sebesar 61 %, Payback Period dalam waktu 3 tahun, dan Profitability Index sebesar 2,28054993 sehingga berdasarkan kriteria tersebut, ide ini layak untuk dijalankan. Mitigasi risiko yang dilakukan pada proyek ini merekomendasikan 2 buah mitigasi yaitu melakukan audit secara rutin dan melakukan double-check untuk mengurangi kemungkinan risiko pada aktifitas kesalahan dalam proses pencatatan.
=====================================================================================================================================
Virgin Coconut Oil (VCO) is a natural product obtained through an extraction process from fresh coconuts. VCO contains nutrients and properties that are beneficial in skin and hair care. However, the use of VCO in the cosmetics industry is still limited, while demand for natural products is increasing with consumer awareness regarding skin health. This underlies why it is necessary to develop diversification of VCO products to create an innovative cosmetic product with VCO as the main ingredient. One of the cosmetic products that must be used is sunscreen. Sunscreen is useful for protecting the skin from sun exposure when doing outdoor activities. The product diversification process requires a study of the feasibility of investment in both financial and non-financial aspects. Risk management is also needed during the product development process so that risks that may occur can be managed properly. This research aims to provide a comprehensive picture of the development of VCO diversification in the cosmetics sector which combines financial and non-financial aspects as well as identified risk mitigation efforts. It is hoped that this research can provide practical guidance for VCO MSMEs in developing cosmetic products and managing the risks associated with their production. The implementation of competitive product development strategies and effective risk management is expected to increase the competitiveness and sustainability of VCO MSMEs in an increasingly competitive market. Based on the financial projections carried out, the idea of developing VCO products for cosmetics shows that there is an additional value of IDR 91,513,829, a WACC of 17%, an Internal Rate of Return of 61%, a Payback Period of 3 years, and a Profitability Index of 2,28054993 so based on these criteria, this idea is feasible to implement. Risk mitigation carried out in this project recommends 2 mitigations, namely conducting regular audits and carrying out double-checks to reduce the possibility of risk in error activities in the recording process.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: analisa kelayakan bisnis, diversifikasi produk, industri kosmetik, manajemen risiko, UMKM, virgin coconut oil (VCO), business feasibility analysis, product diversification, cosmetics industry, risk management, MSMEs, virgin coconut oil (VCO)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Industrial Engineering > 26101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Ni Kadek Cinthya Bandinithya Dewi
Date Deposited: 01 Aug 2024 08:45
Last Modified: 17 Sep 2024 07:03
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/109966

Actions (login required)

View Item View Item