Simulator Deteksi Kebakaran Sebagai Sarana Praktikum Sensor dan Aktuator

Alamsyah, Teuku Syahrian (2024) Simulator Deteksi Kebakaran Sebagai Sarana Praktikum Sensor dan Aktuator. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10511910000021-Non_Degree.pdf] Text
10511910000021-Non_Degree.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Simulator deteksi kebakaran adalah salah satu alat penunjang praktikum sebagai sarana pembelajaran pada mata kuliah sensor dan transduser. Tidak semua laboratorium praktikum dilengkapi dengan simulator tersebut, salah satunya di laboratorium departemen Teknik Instrumentasi ITS Surabaya. Pada sistem simulator ini menggunakan mikrokontroler Arduino Mega 2560, sensor suhu MAX6675 dan sensor api sebagai komponen penting dalam simulator. Terdapat Aktuator yakni berupa solenoid valve, mini pump dan buzzer. Cara kerja simulator ini menggunakan sistem kontrol on/off, relay sebagai pengaturnya. Metode pengujian sistem dengan set point sensor suhu lebih dari sama dengan 37°C sedangkan set point nilai tegangan sensor api kurang dari 5V. Ketika titik api dekat dengan sensor maka, nilai tegangan sensor api akan turun dari 5 - 0V. Springkler akan menyala ketika kedua sensor telah mencapai set point, Dimana sensor suhu lebih dari 37°C dan sensor api kurang dari 5V. Adapun hasil yang di dapatkan adalah simulator deteksi kebakaran yang di usulkan telah di rancang untuk mensimulasikan situasi kebakaran serta mempelajari cara kerja sensor dan Aktuator yang terdapat di simulator sebagai sarana praktikum sensor dan Aktuator yang berguna untuk mempermudah media pembelajaran dalam segi praktik.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Simulator, Flame sensor, Temperature sensor, Actuator, Analog voltage value, Temperature, Simulator, Sensor api, Sensor suhu, Aktuator, Nilai tegangan analog, Temperatur.
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General) > T57.62 Simulation
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK531 Current and voltage waveforms
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7878 Electronic instruments
Divisions: Faculty of Vocational > Instrumentation Engineering
Depositing User: Teuku Syahrian Azril Alamsyah
Date Deposited: 05 Aug 2024 02:40
Last Modified: 05 Aug 2024 02:40
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/109991

Actions (login required)

View Item View Item