Perancangan Board Game Sebagai Media Edukasi Anti Bullying Pada Anak-Anak Dengan Teknologi Augmented Reality

Onytia, Salma (2024) Perancangan Board Game Sebagai Media Edukasi Anti Bullying Pada Anak-Anak Dengan Teknologi Augmented Reality. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5010201116-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5010201116-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Bullying merupakan tindakan yang tidak menyenangkan, baik secara lisan, fisik, maupun sosial, baik dalam kehidupan nyata maupun maya, yang menyebabkan seseorang merasa tidak nyaman, tersinggung, dan tertekan, baik dilakukan oleh individu maupun kelompok. Berdasarkan data PISA pada tahun 2018, 41,1% dari murid di Indonesia pernah mengalami perundungan. Oleh karena itu, perlu suatu solusi dalam mengatasi hal tersebut dengan edukasi melalui permainan interaktif untuk meminimasi masalah bullying yang terjadi. Board game merupakan permainan yang dapat diterapkan dalam berbagai tema pembelajaran atau edukasi sehingga permainan ini dapat dikatakan fleksibel. Selain itu, penerapan teknologi pada board game dapat memberikan perhatian lebih pada anak-anak, seperti pada penerapan teknologi augmented reality ini menyenangkan dan menarik perhatian anak-anak terutama anak sekolah dasar. Hasil dari penelitian ini berupa permainan edukasi dengan menerapkan teknologi augmented reality yang bernama BullyBust. Pembuatan permainan ini dimulai dengan identifikasi perilaku dan dampak bullying, selanjutnya dari hasil identifikasi tersebut dibuatlah pertanyaan pada misteri yang digunakan dalam pembuatan marker. Langkah pembuatan permainan ini selanjutnya dengan pembuatan objek virtual 3D, pembuatan pertanyaan kuis, pembuatan mockup menu, dan pembuatan permainan edukasi menggunakan 3D Unity. Pada permainan BullyBust ini juga dilakukan pengujian usabilitas terhadap 9 responden anak-anak dengan rentang usia 7-12 atau usia anak sekolah dasar. Hasil dari pengujian ini, anak-anak menyukai permainan ini karena 3D animasi terlihat nyata dan rute permainan yang sederhana seperti ular tangga. Selanjutnya, hasil pengujian usabilitas ini bernilai 93,15% yang artinya tingkat usabilitas pada permainan ini baik. Namun terdapat aspek lainnya yang perlu di diberikan solusi agar anak-anak berkeinginan untuk merekomendasikan permainan ini ke pada temannya dan proses pemindaian yang dilakukan agar lancar dengan waktu yang singkat.
========================================================================================================================
Bullying is an unpleasant action, either verbally, physically, or socially, both in real and virtual life, which causes someone to feel uncomfortable, offended, and depressed, whether carried out by individuals or groups. Based on PISA data in 2018, 41.1% of students in Indonesia have experienced bullying. Therefore, a solution is needed to overcome this through education through interactive games to minimize bullying. Board games can be applied to various learning or educational themes so this game can be said to be flexible. In addition, the application of technology in board games can give more attention to children, as the application of augmented reality technology is fun and attracts the attention of children, especially elementary school children. The result of this research is an educational game by applying augmented reality technology called BullyBust. The making of this game begins with the identification of the behavior and impact of bullying, then from the results of this identification, questions are made on the mystery used in making markers. The next step in making this game is by making 3D virtual objects, making quiz questions, making menu mockups, and making educational games using Unity 3D. In this BullyBust game, usability testing was also carried out on 9 children’s respondents with an age range of 7-12 or elementary school age. The results of this test, children like this game because the 3D animation looks real and the game route is simple like snakes and ladders. Furthermore, the usability test results are worth 93.15% which means that the usability level of this game is good. However, other aspects need to be given a solution so that children are willing to recommend this game to their friends and the scanning process is carried out smoothly in a short time.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Anti Bullying, Augmented Reality, Board Game Anti Bullying, Augmented Reality, Board Game
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD45 Technological innovations
T Technology > T Technology (General) > T385 Visualization--Technique
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Salma Onytia
Date Deposited: 02 Aug 2024 03:41
Last Modified: 24 Sep 2024 06:00
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/110203

Actions (login required)

View Item View Item