PERANCANGAN USER EXPERIENCE APLIKASI WEB PERUSAHAAN PENGOLAHAN KAYU DENGAN METODE DESIGN THINKING UNTUK DIGITALISASI PROSES ADMINISTRASI

Elisurya, Sonia (2024) PERANCANGAN USER EXPERIENCE APLIKASI WEB PERUSAHAAN PENGOLAHAN KAYU DENGAN METODE DESIGN THINKING UNTUK DIGITALISASI PROSES ADMINISTRASI. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6032221099-Master_Thesis.pdf] Text
6032221099-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Adopsi teknologi digital menjadi peran penting dalam pertumbuhan dan transformasi usaha dan bisnis serta memberikan dampak positif pada operasional usaha, pengambilan keputusan dan akses yang lebih luas dalam peningkatan skala usaha. CV Generasi Mantikei merupakan unit usaha di bidang pengolahan kayu, mengalami kendala dalam proses administrasi dokumen yang masih dilakukan secara manual, yang menyebabkan hambatan dalam kelangsungan usaha. Oleh karena itu, adopsi teknologi dilakukan dengan merancang aplikasi web administrasi diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan ketepatan dalam proses administrasi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk merancang aplikasi website administrasi pencatatan dan valdasi data yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pengguna dengan metode penggalian kebutuhan design thinking untuk digitalisasi proses administrasi pencatatan dan validasi data. Data penelitian didapatkan dalam 5 tahapan dalam design thinking, yaitu emphatize, define, ideation, prototype dan testing. Penggalian kebutuhan berbasis pengguna yang dilakukan melalui wawancara, observasi dan pengujian langsung dengan pengguna dalam proses yang. Dalam pengujian produk, digunakan kuisioner system usability scale atau kuisioner SUS, wawancara dan observasi langsung untuk menjadi nilai patokan dan pembanding terhadap hasil pengujian yang dilakukan secara iteratif didapatkan hasil dan user experience yang terbaik dari pengujian yang dilakukan. Hasil dari penelitian ini yaitu prototipe aplikasi website administrasi yang telah diuji dan disesuaikan dengan keinginan pengguna serta dan mendapatkan umpan balik positif dari pengguna yang mengalami pengalaman pengguna yang baik, peningkatan efisiensi waktu kerja serta mengurangi beban kerja manual. Nilai akhir kuesioner SUS juga menunjukkan nilai “sangat baik” menandakan peningkatan pengalaman pengguna secara keseluruhan sesuai dengan umpan balik pengguna. Penelitian ini berkontribusi secara teoritis pada metode design thinking dan menjadi referensi untuk penelitian serupa. Secara praktis, penelitian ini memberikan solusi digitalisasi administrasi yang efektif di CV Generasi Mantikei, meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan mengurangi kesalahan manusia, menunjukkan keberhasilan digitalisasi di CV Generasi Mantikei sesuai dengan kebutuhan spesifik pengguna.
===========================================================

The adoption of digital technology plays a significant role in the growth and transformation of businesses, offering positive impacts on business operations, innovation, decision-making, and broader access for scaling operations. CV Generasi Mantikei, a wood processing business unit, faces challenges in document administration, which is still performed manually, causing hindrances to business continuity. Therefore, adopting technology by designing a web-based administrative application is expected to enhance efficiency and accuracy in administrative processes, thereby improving the performance and continuity of CV Generasi Mantikei. This research aims to design a web-based administrative application tailored to user needs and preferences using the design thinking method for administrative process digitalization. The research data were obtained through the five stages of design thinking: empathize, define, ideation, prototype, and testing. User-based requirements were gathered through interviews, observations, and direct testing with users. In product testing, the System Usability Scale (SUS) questionnaire, interviews, and direct observations were used as benchmarks and comparisons for iterative testing results, achieving the best user experience. The research resulted in a prototype of the web-based administrative application, which was tested and adjusted according to user preferences and received positive feedback, indicating a good user experience, increased work efficiency, and reduced manual workload. The final SUS questionnaire score indicated a "very good" rating, signifying an overall improvement in user experience. This research contributes theoretically to the design thinking methodology and serves as a reference for similar studies. Practically, it provides an effective digitalization solution for administration at CV Generasi Mantikei, enhancing efficiency, productivity, and reducing human error, demonstrating the success of digitalization at CV Generasi Mantikei in line with specific user needs.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: aplikasi website; pengalaman pengguna; design thinking; kuisioner sus; purwarupa, website application; user experience; design thinking; system usability scale; prototype
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.8 Productivity. Efficiency
Divisions: Interdisciplinary School of Management and Technology (SIMT) > 61101-Master of Technology Management (MMT)
Depositing User: Sonia Elisurya
Date Deposited: 05 Aug 2024 04:01
Last Modified: 05 Aug 2024 04:01
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/110332

Actions (login required)

View Item View Item