Modifikasi Struktur Jembatan Kali Kethek Menggunakan Asymmetrical Double Planes Cable Stayed Bridge

Indiawan, Firmansyah Ramadhan (2024) Modifikasi Struktur Jembatan Kali Kethek Menggunakan Asymmetrical Double Planes Cable Stayed Bridge. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5012201139-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5012201139-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (16MB) | Request a copy

Abstract

Jembatan merupakan infrastruktur diatas sebuah rintangan yang digunakan untuk menghubungkan ruas jalan yang terputus. Rintangan ini dapat berupa sungai, selat, jalan, lembah, dan sebagainya. Jembatan Kali Kethek merupakan jembatan yang berada di Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro yang melintasi Sungai Solo serta menjadi jalan penghubung antara Kabupaten Bojonegoro dan Kabupaten Tuban. Jembatan Kali Kethek ini memiliki panjang 215.86 m yang didesain menggunakan struktur rangka baja. Penggunaan struktur rangka baja multi span dengan panjang 215.86 m dinilai kurang efisien karena berat struktur jembatan akan besar. Selain itu, banyaknya pilar jembatan yang tersebar selebar sungai akan menyebabkan hambatan pada arus sungai dan juga akan terjadi gerusan serta pengendapan pada area sekitar pilar jembatan. Oleh karena itu, muncul ide untuk memodifikasi menjadi jembatan asymmetrical double planes system cable-stayed dengan inclined pylon untuk menghindari adanya momen akibat resultan gaya pada kabel sehingga pylon akan sepenuhnya mengalami gaya tekan ketika semua beban gravitasional bekerja. Jembatan cabel-stayed dipilih karena dinilai lebih efisien, ekonomis, dan memiliki unsur estetika yang baik untuk jembatan bentang panjang. Perancangan modifikasi Jembatan Kali Kethek ini menggunakan program bantu Midas Civil, SAP2000 dan spColumn. Pada perancangan ini dimensi pylon yang digunakan adalah 3 m x 5 m dengan mutu beton 35 MPa. Kabel dan angkur jembatan yang digunakan pada perancangan ini adalah VSL SSI 2000 standar ASTM A416 grade 270. Sedangkan gelagar yang digunakan pada perancangan ini adalah gelagar baja ortotropik berbentuk trapezoidal dengan tinggi 3.5 m yang tersusun dari pelat setebal 15 mm, closed ribs U282.196.8, dan floorbeam T700.300.13.24 dengan mutu BJ55. Serta perletakan yang digunakan pada perancangan jembatan ini adalah VSL Structural Bearing tipe guided pot bearing.
==============================================================================================================================
Bridge is an infrastructure above an obstacle that is used to connect the interrupted road segments. The obstacle can be a river, strait, road, valley, etc. Kali Kethek bridge is a bridge located in Trucuk District, Bojonegoro Regency that crosses the Solo River and connecting road between Bojonegoro Regency and Tuban Regency. Kali Kethek bridge has a span of 215.86 m which is designed using a steel frame structure. The use of a multi-span steel frame structure with a span of 215.86 m is considered less efficient because the weight of the bridge structure will be large. In addition, the many bridge pillars that are spread across the river will cause obstacles to the river flow also erosion and sedimentation will occur in the area around the bridge pillars. Therefore, the idea emerged to modify it into an asymmetrical double planes system cable-stayed bridge with inclined pylon to avoid the moment due to the resultant force on the cable so that the pylon will fully accept compressive force when all gravitational loads act. The cable-stayed bridge was chosen because it was considered more efficient, economical, and had a good aesthetic element for long-span bridges. The design of the modification of the Kali Kethek Bridge uses the Midas Civil, SAP2000 and spColumn. In this design, the dimensions of the pylon used are 3 m x 5 m with concrete strength of 35 MPa. The cables and bridge anchors used in this design are VSL SSI 2000 standard ASTM A416 grade 270. Meanwhile, the girders used in this design are trapezoidal orthotropic steel girders with 3.5 m high composed of 15 mm thick plates, closed ribs U282.196.8, and floorbeams T700.300.13.24 with ASTM A572 Grade 50. Additionally, the bearings used in this bridge design are VSL Structural Bearing type guided pot bearings.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Asymmetrical, Cable Stayed, Double Planes System, Structure Modification, Kali Kethek, Asymmetrical, Modifikasi Struktur
Subjects: T Technology > TG Bridge engineering
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: FIRMANSYAH RAMADHAN INDIAWAN
Date Deposited: 29 Aug 2024 03:59
Last Modified: 29 Aug 2024 03:59
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/110373

Actions (login required)

View Item View Item