Syariffudin, Muhamad Nurwahid (2024) PERENCANAAN POWER SYSTEM STABILIZER BERDASARKAN DATA KESTABILAN TRANSIEN KAPAL TANKER DENGAN SISTEM DISTRIBUSI DIRECT CURRENT (DC). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
Rev16_New Muhamad Nurwahid Syariffudin_Laporan TA.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 1 October 2026. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Sejak pertama kali ditemukan, sistem distribusi Alternating Current (AC) mendominasi penerapan sistem distribusi kelistrikan di berbagai industri, termasuk industri maritim. Namun, seiring perkembangan teknologi, transmisi arus searah tegangan tinggi (HVDC) telah terbukti lebih unggul dibandingkan sistem AC. Hal ini yang mendorong transisi distribusi listrik pada kapal dari Alternating Current (AC) ke Direct Current (DC). Pada penelitian mengenai penerapan Low Voltage Direct Current (LVDC) pada kapal membuktikan bahwa sistem distribusi DC memiliki rugi daya yang selalu lebih kecil dibandingkan dengan sistem distribusi AC. Namun, penelitian sebelumnya mengenai kestabilan transien kapal tanker menunjukkan bahwa setelah konversi ke DC, nilai kestabilan pada Sailing-Case ID FL2, Leaving ArrivingCase ID UD2, dan Loading Unloading-Case ID FL1 melebihi rentang standar 80% < V < 120%. Ketidakstabilan tegangan dan frekuensi menimbulkan risiko bagi sistem kelistrikan kapal, sehingga diperlukan tindakan untuk memastikan respons tetap dalam rentang standar. Penelitian ini merancang Power System Stabilizer (PSS) berbasis perangkat lunak untuk meningkatkan kestabilan transien sistem distribusi DC kapal. Pemodelan menggunakan data dari penelitian sebelumnya, termasuk data sistem, rangkaian, komponen, frekuensi, tegangan, dan daya. Diagram blok dan komponen PSS dikonfigurasi sesuai standar IEEE untuk simulasi guna mencapai kestabilan transien yang diinginkan. PSS dirancang menggunakan MATLAB dan disimulasikan dengan perangkat lunak simulasi kelistrikan melalui model yang ditentukan pengguna. Berbagai kondisi pelayaran (sailing, leaving, arriving, loading, unloading, dan at port) disimulasikan untuk menentukan jenis PSS yang paling optimal dalam meredam osilasi frekuensi dan lonjakan tegangan. Tiga model PSS yang diuji adalah PSS1A, PSS2B, dan PSS3B, masing-masing dengan empat variasi gain, memperhatikan rentang gain standar IEEE (maksimal gain 20). Hasilnya menunjukkan bahwa PSS2B dengan gain 15 adalah yang paling optimal.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1010 Electric power system stability. Electric filters, Passive. T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK3226 Transients (Electricity). Electric power systems. Harmonics (Electric waves). |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Muhamad Nurwahid Syariffudin |
Date Deposited: | 13 Aug 2024 04:48 |
Last Modified: | 13 Aug 2024 04:48 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/110456 |
Actions (login required)
View Item |