Simulasi Dan Pengujian Quasi Static Pada Impact Attenuator Berbahan Nomex Honeycomb Dan Variasi Reinforcement Komposit Untuk Formula Student Anargya ITS Electric Vehicle Team

Musyaffa, Muhammad Nizaar (2024) Simulasi Dan Pengujian Quasi Static Pada Impact Attenuator Berbahan Nomex Honeycomb Dan Variasi Reinforcement Komposit Untuk Formula Student Anargya ITS Electric Vehicle Team. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2038201046-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
2038201046-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

FSAE (Formula Society of Automotive Engineers) adalah salah satu kompetisi mahasiswa terkemuka di bidang teknik otomotif dan telah menjadi platform yang luar biasa bagi para mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan mereka dan mempersiapkan mereka untuk karir di industri otomotif. saat merancang sebuah mobil FSAE pada bagian depan harus mempunyai sebuah perangkat yang dapat menyelamatkan pengemudi selama terjadinya benturan apa pun dari depan. Perangkat tersebut ialah IA (Impact attenuator) yang dirancang untuk menyerap energi kinetik. ketika energi tabrakan diubah menjadi deformasi untuk melindungi bagian vital di belakang front bulkhead. Impact attenuator yang akan dibuat pada penelitian ini mempunyai 11 tingkat dengan konfigurasi 3 segmen. Tujuan dari penelitian ini ialah mendapatkan impact attenuator yang mempunyai bobot yang ringan dan dapat menyerap energi yang lebih besar dari pada impact attenuator yang memilki bobot yang berat. Pembuatan impact attenuator ini dengan material komposit merupakan bahan yang terdiri dari dua atau lebih jenis material yang berbeda dan digabungkan bersama untuk menciptakan sifat-sifat yang unik dan menguntungkan. Dalam simulasi dan pengujian menggunakan metode Quasi Static Test yang merupakan pembebanan struktur atau komponen secara perlahan dan terkendali, yang mensimulasikan kondisi statis. Metode quasi static dipilih dikarenakan melihat ketersediaan mesin pengujian dan juga hasil simulasi akan memvalidasi dengan pengujian. Hasil Simulasi yang pertama yaitu konfigurasi Fiberglass dengan singkatan (F1A dan F1B), material yang berhasil lolos untuk pemodelan ukuran element mesh yaitu material F1B. Pada pemodelan ukuran element mesh F1B dari beberapa ukuran tersebut yang terpilih ialah ukuran 19 mm, energi yang diserap sebesar 9403 Joule dengan displacement Anti Intrusion Plate 24 mm. hasil Simulasi yang kedua yaitu konfigurasi carbon fiber dengan singkatan (CF2A dan CF2B), material yang lolos ke tahap selenjutnya yaitu pemodelan ukuran element mesh yaitu material CF2B. Untuk pemodelan dari beberapa ukuran element mesh pada CF2B yang terpilih yaitu ukuran 22 mm, energi yang diserap atau energy absorbed yaitu 9755 Joule dengan displacement Anti Intrusion Plate 23 mm. Sedangkan Hasil pengujian yang pertama yaitu konfigurasi fiberglass, didapatkan hasil energi yang diserap atau energy absorbed yaitu 8595 Joule dan displacement anti intrusion plate sebesar 25 mm. sedangkan, hasil dari pengujian yang kedua yaitu konfigurasi carbon fiber, didapatkan hasil energi yang diserap yaitu 9166 Joule. Maka impact attenuator konfigurasi yang kedua yaitu carbon fiber dipilih untuk impact attenuator dengan Spesific Energy Absorbed (SEA) nilai yang besar.
==============================================================================================================================
The Formula Society of Automotive Engineers (FSAE) is one of the premier student competitions in automotive engineering, providing an exceptional platform for students to develop their skills and prepare for careers in the automotive industry. In designing an FSAE car, the front section must include a device that can protect the driver in the event of any frontal collision. This device, known as the impact attenuator, is designed to absorb kinetic energy by converting collision energy into deformation to protect vital components behind the front bulkhead. The impact attenuator developed in this study features 11 levels with a configuration of 3 segments. The objective of this research is to create an impact attenuator that is lightweight and capable of absorbing more energy than a heavier impact attenuator. The impact attenuator is constructed using composite materials, which are composed of two or more different materials combined to create unique and advantageous properties. Both simulation and testing are conducted using the quasi-static test method, which involves the gradual and controlled loading of a structure or component to simulate static conditions. The quasi static method was chosen due to the availability of testing machines and also the simulation results will validate with testing. In the first simulation, fiberglass configurations (F1A and F1B) were tested, with material F1B advancing to the element mesh size modeling stage. For the F1B material, a mesh size of 19 mm was selected, resulting in an energy absorption of 9403 Joules and an anti-intrusion plate displacement of 24 mm. The second simulation involved carbon fiber configurations (CF2A and CF2B), with material CF2B progressing to the next stage. For the CF2B material, a mesh size of 22 mm was chosen, yielding an energy absorption of 9755 Joules and an anti-intrusion plate displacement of 23 mm. In the experimental testing, the fiberglass configuration (F1B) absorbed 8595 Joules of energy with an anti-intrusion plate displacement of 25 mm. The carbon fiber configuration (CF2B) absorbed 9166 Joules of energy. Based on these results, the carbon fiber impact attenuator (CF2B) is selected for its higher Specific Energy Absorbed (SEA) value.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: FSAE, Impact Attenuator, Quasi Static, Energy Absorbed, Specific Energy Absorbed
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T57.62 Simulation
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA418.9 Composite materials. Laminated materials.
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL240.5 Composite materials
T Technology > TS Manufactures > TS183 Manufacturing processes. Lean manufacturing.
Divisions: Faculty of Vocational > Mechanical Industrial Engineering (D4)
Depositing User: Muhammad Nizaar Musyaffa
Date Deposited: 29 Aug 2024 06:25
Last Modified: 29 Aug 2024 06:25
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/110461

Actions (login required)

View Item View Item