Perencanaan Waktu dan Biaya Pekerjaan Struktur pada Proyek Apartemen Grand Shamaya Surabaya Menggunakan Building Information Modeling

Putri, Karina Azzahra (2024) Perencanaan Waktu dan Biaya Pekerjaan Struktur pada Proyek Apartemen Grand Shamaya Surabaya Menggunakan Building Information Modeling. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5012201046-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5012201046-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Pesatnya perkembangan pembangunan konstruksi dari tahun ke tahun mengharuskan para engineer untuk dapat mengevaluasi metode yang digunakan. Hal ini mendorong perkembangan di bidang konstruksi ke arah yang lebih terintegrasi. Building Information Modeling (BIM) adalah salah satu bentuk perkembangan teknologi dalam bidang konstruksi. Building Information Modeling adalah sistem dalam bidang Architecture, Engineering, dan Construction yang dapat membentuk model digital 3D yang terintegrasi. Konsep Building Information Modeling (BIM) berimplikasi membawa perubahan, mendorong pertukaran model 3D antar disiplin yang mempermudah kolaborasi antar disiplin (Struktur, Arsitektur, dan MEP) yang dapat membantu dalam perencanaan penjadwalan, pemodelan, perhitungan biaya dan volume suatu pekerjaan sehingga lebih efektif dan efisien dalam pengerjaannya. Penelitian ini dilakukan untuk melakukan perencanaan ulang perhitungan estimasi waktu dan biaya pekerjaan struktur yang meliputi pekerjaan kolom, balok, dan pelat menggunakan Metode Building Information Modeling (BIM). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data yang didapatkan dari proyek berupa Detailed Engineering Design (DED) dan shop drawing. Dari data tersebut akan dilakukan pemodelan 3D menggunakan software Autodesk Revit. Dari pemodelan tersebut, akan didapatkan Quantity Take-off yang selanjutnya akan digunakan untuk melakukan perhitungan waktu dan biaya. Penjadwalan dilakukan dengan menggunakan Microsoft Project dengan menginput hasil durasi pekerjaan yang telah dianalisis sebelumnya. Hasil penjadwalan pada Microsoft Project diinput lagi ke dalam Autodesk Naviswork untuk mendapatkan visualisasi 4D dan 5D. Visualisasi ini dapat membantu untuk mengetahui progress secara real time pekerjaan tersebut sudah sampai mana dan berapa banyak biaya yang dikeluarkan. Dari hasil perencanaan yang telah dilakukan dengan mengimplementasikan Building Information Modeling (BIM), didapatkan hasil durasi pengerjaan 11 lantai Proyek Apartemen Grand Shamaya Surabaya selama 187 hari dengan total biaya pengerjaan yaitu Rp 15.694.094.186,54.
============================================================,
The rapid development of construction from year to year requires engineers to evaluate the methods used. This drives the construction field towards more integrated development. Building Information Modeling (BIM) is one form of technological advancement in the construction field. Building Information Modeling is a system in the fields of Architecture, Engineering, and Construction that can create an integrated 3D digital model. The concept of Building Information Modeling (BIM) implies changes, encouraging the exchange of 3D models between disciplines, facilitating collaboration across disciplines (Structure, Architecture, and MEP), which can assist in planning scheduling, modeling, cost and volume calculations, making the work more effective and efficient.This research was conducted to re-plan the estimation of time and cost of structural work,including column, beam, and slab work, using the Building Information Modeling (BIM) method. The research was conducted using data obtained from the project in the form of Detailed Engineering Design (DED) and shop drawings. From this data, 3D modeling will be done using Autodesk Revit software. From this modeling, a Quantity Take-off will be obtained, which will then be used to calculate time and costs. Scheduling is done using Microsoft Project by inputting the job duration results that have been previously analyzed. The scheduling results in Microsoft Project are input back into Autodesk Naviswork to obtain 4D and 5D visualizations. This visualization can help to know the real-time progress of the work and how much cost has been incurred. From the analysis results obtained by implementing Building Information Modeling (BIM), the duration of the 11-story construction of the Grand Shamaya Apartment Project in Surabaya is 187 days with a total cost of IDR 15.694.094.186,54.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Building Information Modeling (BIM), Cost, Quantity Take-Off (QTO), Time,Biaya, Building Information Modeling (BIM), Quantity Take-Off (QTO), Waktu.
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T56.8 Project Management
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Putri Karina Azzahra
Date Deposited: 04 Aug 2024 02:45
Last Modified: 04 Aug 2024 02:45
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/110494

Actions (login required)

View Item View Item