Aurelita, Astridea Hasni (2024) Pengaruh Fluktuasi Muka Air Tanah Terhadap Stabilitas Lereng Dengan Menggunakan Cracked Soil Approached dan Alternatif Perkuatannya (Studi Kasus: Ruas Jalan Tol Gempol Pandaan KM 51+250 s.d. 51+350). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
5012201004-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 October 2026. Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Pada tahun 2016, lereng di sebelah kiri jalan Tol Gempol-Pandaan KM 50+900 dari arah Surabaya mengalami kelongsoran. Dari penyelidikan tanah yang telah dilakukan, jalan Tol Gempol-Pandaan dibangun dengan memotong sebuah bukit (cutting slope) yang berjenis tanah keras dengan nilai SPT rata-rata > 30 yang aman terhadap kelongsoran. Akan tetapi, pada tahun 2017 terjadi kelongsoran susulan pada lokasi yang berdekatan tepatnya pada KM 51+500.
Pada tahun 2021, kelongsoran juga terjadi pada lereng yang berseberangan tepatnya pada ruas kanan KM 51+250 dari arah Surabaya yang diduga dapat terjadi akibat perubahan fluktuasi muka air tanah. Saat ini, lokasi kelongsoran tersebut sudah diberi perkuatan berupa 46 bored pile berdiameter 600 mm yang dipasang setiap 1 meter. Bored pile tersebut memiliki panjang total 14 meter dari capping beam dasar tiang. Dalam rangka upaya pencegahan kelongsoran susulan serupa pada sisi lain lereng, perlu dilakukan peninjauan terkait stabilitas eksisting lereng karena terdapat dugaan jebakan air pada tubuh lereng karena adanya cracked soil.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, penyebab utama terjadinya kelongsoran adalah adanya fluktuasi muka air tanah dan fenomena cracked soil dengan menggunakan pendekatan behaving like sand. Solusi atas kelongsoran ini diambil dari alternatif yang paling ekonomis dan memiliki kemudahan dalam pemasangannya. Alternatif yang paling tepat adalah pemasangan 300 buah horizontal drain dengan panjang pipa 5 meter dan total kebutuhan biaya material Rp76.692.000. Alternatif ini tidak memerlukan alat-alat berat seperti halnya pada bored pile dan soil nailing sehingga tidak akan mengganggu konstruksi jalan dan pemukiman-pemukiman di sekitar lereng.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Behaving like sand, cracked soil, fluktuasi, horizontal drain, soil nailing. |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA455.S6 Soil (Materials of engineering and construction) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA749 Soil stabilization |
Divisions: | Faculty of Civil, Environmental, and Geo Engineering > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Theses |
Depositing User: | Astridea Hasni Aurelita |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 07:45 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 07:45 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/110574 |
Actions (login required)
View Item |