Perencanaan Fasilitas pada Rest Area Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi dengan Meninjau Kapasitas Ruang Parkir

Azmi, Fachri Alauddin (2024) Perencanaan Fasilitas pada Rest Area Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi dengan Meninjau Kapasitas Ruang Parkir. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5012201173-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5012201173-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Infrastruktur merupakan suatu hal yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, salah satu bentuk dari infrastruktur merupakan jalan tol. Jalan tol merupakan jalan umum yang merupakan bagian sistem jaringan jalan nasional yang penggunaannya diwajibkan membayar tol. Salah satu upaya pemerintah Republik Indonesia untuk meningkatkan infrastruktur di Pulau Jawa adalah pembangunan jalan tol pada sisi selatan Pulau Jawa, yaitu Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi. Pembangunan jalan tol ini bertujuan sebagai salah satu upaya dalam peningkatan sektor ekonomi pada sisi selatan Pulau Jawa yang dinilai pergerakannya sedikit terhambat dibandingkan dengan sisi utara Pulau Jawa. Dalam perencanaannya berpedoman pada standar yang berlaku seperti “Peraturan Menteri PUPR Nomor 28 Tahun 2021”, “Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian Fasilitas Parkir Direktorat Bina Sistem Lalu Lintas Angkutan Kota 1998” serta beberapa refrensi terkait. Analisis yang dilakukan berupa survei kebutuhan ruang parkir masing-masing kendaraan dan fasilitas lainnya yang harus ada dalam perencanaan layout rest area. Metode yang digunakan dalam melakukan analisa forecasting jumlah kendaraan yaitu regresi linear sedangkan fasilitas lainnya menyesuaikan dengan pedoman yang ada. Berdasarkan analisis dan perhitungan, diperoleh jumlah demand yang berpindah dari jalan nasional eksisting menuju Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi pada seksi Paiotn-Besuki yaitu untuk golongan I dengan jenis kendaraan KR sebesar 71%, KBM sebesar 51%, dan BB sebesar 49%. Kemudian untuk golongan II sampai dengan golongan V yaitu dengan jenis kendaraan TB sebesar 36%. Kebutuhan ruang parkir yang dihitung menggunakan regresi linear menghasilkan perencanaan dengan angka 204 SRP kendaraan kecil dan 60 SRP kendaraan besar. Meninjau dari peraturan terkait, direncanakan untuk fasilitas lainnya meliputi klinik kesehatan, toilet umum, tempat ibadah, area komersial, fasilitas inap, ruang terbuka hijau, SPBU, area pengembangan, dan lain-lainnya yang berlokasi di STA 33+000.
============================================================
Infrastructure is something that is greatly needed by society, one form of infrastructure is toll roads. Toll roads are public roads that are part of the national road network system, for which users are required to pay a toll. One of the efforts of the Indonesian government to improve infrastructure on the island of Java is the construction of a toll road on the southern side of the island, namely the Probolinggo-Banyuwangi Toll Road. The construction of this toll road aims to enhance the economic sector on the southern side of Java, which is considered to be slightly hindered compared to the northern side of Java.The planning is based on applicable standards such as "Regulation of the Minister of Public Works and Public Housing Number 28 of 2021", "Guidelines for Planning and Operation of Parking Facilities Directorate of Urban Traffic and Transportation Systems 1998", and several related references. The analysis carried out includes surveys of the parking space needs for each type of vehicle and other facilities that must be included in the rest area layout planning. The method used to perform the vehicle number forecasting analysis is linear regression, while other facilities are adjusted to the existing guidelines.Based on the analysis and calculations, the demand shifting from the existing national road to the Probolinggo-Banyuwangi Toll Road in the Paiotn-Besuki section is 71% for Group I with KR type vehicles, 51% for KBM, and 49% for BB. For Groups II to V with TB type vehicles, it is 36%. The parking space requirements calculated using linear regression resulted in a plan with 204 parking spaces for small vehicles and 60 parking spaces for large vehicles. In accordance with related regulations, the planned facilities include health clinics, public toilets, places of worship, commercial areas, lodging facilities, green open spaces, gas stations, development areas, and others located at STA 33+000.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Probolinggo-Banyuwangi Toll Road, Rest Area Facilities, Parking Space Requirements,Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi, Fasilitas Rest Area, Kebutuhan Ruang Parkir
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Fachri Alauddin Azmi
Date Deposited: 04 Aug 2024 02:41
Last Modified: 04 Aug 2024 02:41
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/110594

Actions (login required)

View Item View Item