Laporan Akhir Pelaksanaan Program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) Edisi Vokasi

Muawanah, Siti Aminatul (2024) Laporan Akhir Pelaksanaan Program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) Edisi Vokasi. Project Report. [s.n.], [s.l.]. (Unpublished)

[thumbnail of 2038201020-Project_Report.pdf] Text
2038201020-Project_Report.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

IISMA Edisi Vokasi adalah salah satu program Kampus Merdeka yang diinisiasi dan diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) Republik Indonesia yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa vokasi untuk mendapatkan beasiswa untuk melakukan mobilitas ke perguruan tinggi, industri, dan institusi mitra di luar negeri. Program ini juga mendorong mahasiswa vokasi melakukan pengembangan diri di luar kampusnya pada perguruan tinggi, institusi, dan industri di luar negeri, sehingga mahasiswa vokasi yang nantinya mengikuti program ini diharapkan siap menjadi tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan dunia industri yang berstandar internasional di era digitalisasi abad ke-21. Program IISMA Edisi Vokasi (IISMAVO) memberi kesempatan kepada mahasiswa vokasi untuk dapat mengambil mata kuliah/magang di luar negeri selama 1 (satu) semester (selama 4-6 bulan) yang dapat disetarakan dengan 20 (dua puluh) satuan kredit semester (sks). Program ini membuka peluang untuk menginisiasi dan memperkuat kerja sama antar perguruan tinggi dalam dan luar negeri; mempersiapkan komunitas alumni yang memiliki pengetahuan, soft skills, dan pemahaman lintas budaya, serta jejaring global dan bersinergi untuk kepentingan bangsa. Melalui program beasiswa ini, mahasiswa difasilitasi untuk meraih capaian pembelajaran secara optimal, sehingga setelah lulus program Diploma 3 (D3) dan Diploma 4 (D4) atau Sarjana Terapan, mereka memiliki nilai lebih dengan pengalaman mengikuti program mobilitas ini. Pengalaman ini secara khusus adalah kuliah sit-in di kampus luar negeri, pembelajaran secara kolaboratif dengan industri, atau/dan, magang di industri yang memberikan kompetensi secara hard skills dan soft skills yang dibutuhkan di dunia kerja. Pada program IISMAVO tahun 2022 ini saya mendapatkan kesempatan sebagai awardee mendapatkan program mobilitas di Cheng Shiu University di negara Taiwan, Province of China mulai dari tanggal 7 September 2022 sampai tanggal 17 Januari 2023.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: IISMA, Cheng Shiu University, Taiwan, CNC, Mechanical Engineering
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS176 Manufacturing engineering. Process engineering (Including manufacturing planning, production planning)
Divisions: Faculty of Vocational > Mechanical Industrial Engineering (D4)
Depositing User: SITI AMINATUL MUAWANAH
Date Deposited: 31 Jul 2024 03:32
Last Modified: 31 Jul 2024 03:32
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/110650

Actions (login required)

View Item View Item